Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Membuat Kamar Tidur Kecil Terlihat Lebih Besar

Kompas.com - 11/08/2023, 14:05 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki kamar tidur kecil dapat menghadirkan tantangan tersendiri. Ruang yang terbatas dapat membuat istirahat kurang nyaman, terutama jika barang-barang di dalamnya berantakan, sehingga membuat kamar tidur terasa semakin sempit.

Untungnya, ada beberapa cara membuat kamar tidur kecil tampak lebih besar dan menjaga barang-barang tetap teratur sehingga dapat tidur dengan tenang.   

Dikutip dari Living Cozy, Jumat (11/8/2023), berikut sejumlah cara membuat kamar tidur kecil terlihat lebih besar.

Baca juga: Perhatikan 6 Hal Ini Saat Mendekorasi Kamar Tidur Kecil

Pilih furnitur berkaki

Ilustrasi kamar tidur kecil.Shutterstock/JR-stock Ilustrasi kamar tidur kecil.
Cara praktis membuat kamar tidur kecil terlihat lebih besar adalah menggunakan furnitur berkaki. Cobalah menggunakan meja nakas, meja rias, atau kursi berkaki ramping untuk membuat ruang lantai lebih terlihat dan membiarkan lebih banyak cahaya mengalir di sekitar ruangan

Selain itu, hal ini membuat lebih banyak dinding akan terlihat sehingga membuat kamar tidur kecil tampak lebih luas.

Baca juga: 8 Kesalahan Posisi Furnitur di Kamar Tidur yang Harus Dihindari

Menggunakan cermin

Menggunakan cermin adalah cara terjangkau membuat kamar tidur kecil tampak lebih besar. Cermin tidak hanya menjadi elemen dekoratif, tapi juga fungsional danmemantulkan cahaya alami ke seluruh ruangan.

Cermin tinggi akan menciptakan kedalaman dan ketinggian, terutama jika cermin  berukuran dari lantai ke plafon.

Anda juga dapat menempatkan cermin di pintu lemari atau rak untuk membuat kesan kamar tidur lebih luas. Cermin yang ditempatkan di sebeleh jendela juga bekerja paling baik menangkap dan memantulkan cahaya alami di sekitar ruangan.

Baca juga: Cermin di Atas Tempat Tidur Tidak Bagus Menurut Feng Shui, Kenapa?

Bereksperimen dengan penempatan karpet

Karpet menambah kepribadian pada kamar tidur serta mengubah keseluruhan nuansa ruangan.

Menempatkan karpet di bawah tempat tidur dengan separuh bagian menjulur keluar akan membuat kamar tidur  terasa memanjang, mengelabui mata untuk menganggap ada lebih banyak ruang di dalam ruangan.

Anda dapat menggunakan trik yang sama di bawah dresser atau meja di kamar.

Baca juga: 6 Jenis Dresser yang Cocok untuk Rumah, Mana Favorit Anda?

Hindari menggunakan terlalu banyak bantal

Ilustrasi kamar tidur kecil, kamar tidur sempit, penyimpanan di kamar tidur.SHUTTERSTOCK/ONZON Ilustrasi kamar tidur kecil, kamar tidur sempit, penyimpanan di kamar tidur.
Mengurangi kekacauan merupakan hal penting di kamar tidur kecil. Untuk membuat kamar tidur nyaman, terkadang tempat tidur besar dengan banyak bantal dekoratif menjadi pilihan. 

Namun, hal ini juga membuat kamar tidur kecil terasa lebih berantakan dan sempit. Jadi, sebaiknya menggunakan furnitur dan dekorasi fungsional. 

Gunakan warna cat terang

Blima Ehrentreu, CEO The Designers Group, mengatakan memilih warna terang akan membuat kamar tidur kecil tampak lebih besar. Warna terang dapat memantulkan cahaya, memberikan kesan lebih lapang. 

Namun, hindari warna-warna kontras guna membuat kamar tidur kecil tampak lebih besar. Meski putih adalah warna paling cocok, pertimbangkan warna terang lain atau pastel.

Baca juga: 10 Warna Kamar Tidur Terbaik Menurut Feng Shui Beserta Maknanya

Manfaatkan ruang vertikal

Kamar tidur kecil memiliki ruang lantai yang terbatas, jadi saatnya berkreasi dengan ruang vertikal. Memanfaatkan ruang dinding akan mengosongkan banyak area lantai dan membantu menarik pandangan ke arah plafon sehingga membuat kamar tidur kecil tampak lebih besar.

Dapat pula menggunaka rak built-in dari lantai ke plafon sebagai solusi penyimpanan kreatif sekaligus menambah daya tarik visual.

Solusi lain, menggunakan rak apung di atas tempat tidur dan meja sebagai tempat penyimpanan serta meletakkan barang dekorasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com