Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membuat Kamar Tidur Kedap Suara, Istirahat Lebih Nyenyak

Kompas.com - 31/10/2023, 19:37 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur yang kedap suara dapat memberikan kenyamanan dan ketenangan saat tidur lantaran tidak terganggu suara berisik dari luar.   

Tentu saja, kondisi kamar tidur ini menjadi hal yang diinginkan banyak orang. Untungnya, ada beberapa cara mudah membuat kamar tidur kedap suara, bahkan tanpa mengeluarkan banyak uang atau tenaga.

Dilansir dari Living Etc, Selasa (31/10/2023), berikut lima cara membuat kamar tidur kedap suara.  

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Dapat Memberi Ketenangan di Kamar Tidur

Gunakan karpet tebal

Ilustrasi karpet di kamar tidur.SHUTTERSTOCK/SS 360 Ilustrasi karpet di kamar tidur.
Karpet tebal yang terbuat dari wol atau bulu efektif meredam kebisingan dari luar kamar tidur serta membantu mengurangi gema di ruangan.

Gema dapat terjadi ketika suara beresonansi di dinding, lantai, dan plafon. Menggunakan karpet tebal dapat membantu menyerap suara gema tersebut sehingga membuat kamar tidur terasa lebih tenang dan nyaman.

Menutup celah di pintu dan jendela

Selanjutnya, cara membuat kamar tidur kedap suara adalah menutup celah di pintu dan jendela sehingga mengurangi kebisingan dari luar ruangan.

Celah di pintu dan jendela dapat menjadi jalur masuknya kebisingan dari luar. Suara yang mengenai celah akan masuk ke ruangan dan mengganggu ketenangan.

Salah satu cara paling mudah adalah  menggunakan segel karet atau busa, yang dipasang di sekitar pintu dan jendela untuk menutup celah. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Kamar Tidur Harum Sepanjang Hari

Menambahkan tirai tebal

Tirai tebal terbuat dari bahan yang lebih berat, seperti kain katun atau beludru. Bahan-bahan ini dapat membantu menyerap suara bising dari luar dan menghalangi suara masuk ke kamar tidur.

Untuk memaksimalkan penyerapan suara, Anda dapat memilih tirai tebal yang memiliki tumpukan tinggi dan berwarna gelap.

Pasang tirai tebal di jendela yang menghadap ke sumber kebisingan dan gunakan pemberat tirai untuk menjaga tirai tetap tertutup rapat. 

Baca juga: 4 Warna Cat yang Membuat Kamar Tidur Terasa Lebih Sejuk

Memasang weather strip

Memasang weather strip bisa menjadi cara membuat kamar tidur kedap suara. Weather strip adalah strip tipis yang terbuat dari bahan kedap suara.

Alat ini dapat dipasang di sekitar bingkai jendela dan pintu untuk membantu menutup celah serta mencegah suara masuk atau keluar. 

Baca juga: 5 Warna Cat Kamar Tidur yang Menenangkan, Bikin Tidur Berkualitas

Tambahkan panel akustik

Ilustrasi panel akustik untuk membuat ruangan kedap suara.Shutterstock/TaurusY Ilustrasi panel akustik untuk membuat ruangan kedap suara.
Panel akustik dirancang menyerap gelombang suara dan mengurangi gema di dalam ruangan, termasuk kamar tidur. 

Panel akustik dapat dipasang di dinding atau plafon menggunakan paku, sekrup, atau lem untuk meningkatkan kedap suara. Pilih panel akustik yang sesuai dengan ukuran dan desain kamar tidur. 

Nah, itu dia sejumlah cara membuat kamar tidur kedap suara. Selamat mencoba! 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com