Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Area Terlarang Meletakkan Cermin di Kamar Tidur Menurut Feng Shui

Kompas.com - 23/09/2023, 08:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cermin adalah alat sederhana, tetapi punya kemampuan dalam dekorasi dan feng shui

Dalam feng shui, cermin ampuh meningkatkan energi chi di rumah, sedangkan dalam dekorasi, dapat memberikan ilusi yang membuat ruangan tampak lebih besar dan terang. 

Baca juga: 4 Lokasi Terbaik Meletakkan Cermin di Rumah

Dasar filosofi feng shui adalah bagaimana energi chi yang baik bergerak di dalam dan sekitar rumah. Memastikan chi mengalir dengan bebas serta diarahkan ke seluruh rumah membuat cermin menjadi alat penting.

Ada banyak manfaat menggunakan cermin lebih dari sekadar menggantungkannya di dinding. Mempelajari rahasia penempatan tepat dan tips mengatasi masalah tertentu dapat mendorong energi chi yang baik di seluruh rumah. 

Bagaimana cermin feng shui membawa keberuntungan?

Ilustrasi cermin di atas tempat tidur. SHUTTERSTOCK/HENDRICKSON PHOTOGRAPHY Ilustrasi cermin di atas tempat tidur.
Ada begitu banyak cara menggunakan cermin untuk meningkatkan feng shui positif di rumah, tetapi semuanya memiliki tujuan sama untuk menarik energi positif.

Ketika chi yang bermanfaat bergerak melalui ruang mana pun, ia akan menghasilkan keberuntungan. Ketika energi chi dialihkan atau macet, energi negatif yang dihasilkannya dapat merusak keberuntungan.

Cermin tak hanya dapat digunakan membantu aliran chi baik, tetapi juga menangkis energi negatif dan setiap ruangan atau situasi memiliki aturan cermin yang sederhana.  

Baca juga: Cermin Tidak Boleh Menghadap Pintu Kamar Mandi, Kenapa?

Cermin di kamar tidur 

Cermin dapat digunakan di rumah, tetapi ada beberapa ruangan yang tidak boleh menggunakannya, termasuk kamar tidur. 

Meski menjadi aksesori kamar tidur yang populer, cermin tidak cocok untuk feng shui baik. Sebagai ruang energi yin, cermin kamar tidur dapat menciptakan pertarungan dengan energi yang berani.

Menurut feng shui, ada aturan meletakkan cermin di kamar tidurCermin di kamar tidur dapat menjadi tantangan dalam mendorong feng shui baik, tetapi juga menghalangi energi chi yang buruk.

Untuk mendapat energi chi positif, berikut tiga area terlarang meletakkan cermin di kamar tidur menurut feng shui dikutip dari Love to Know, Sabtu (23/9/2023). 

Baca juga: Di Mana Sebaiknya Meletakkan Cermin di Kamar Tidur Menurut Feng Shui?

Ilustrasi cermin dekoratif di kamar tidur.SHUTTERSTOCK/DARIUSZ JARZABEK Ilustrasi cermin dekoratif di kamar tidur.
Cermin di kamar tidur dapat mengganggu energi chi positif dengan memantulkannya ke sekeliling ruangan dan luar jendela.

Sama dengan sinar matahari yang mengenai cermin, chi memantul dari permukaan reflektif dan menciptakan malapetaka dengan memantul ke sekeliling ruangan atau chi memantul keluar.

Tenangkan chi negatif dari cermin di seberang tempat tidur dengan menutupinya memakai kain sederhana sebelum naik ke tempat tidur atau pindahkan ke lokasi yang tidak terlalu bermasalah di dalam kamar tidur. 

Biasanya, pintu lemari cermin yang memantulkan tempat tidur dan ini membutuhkan perlakuan khusus untuk menarik feng shui baik di kamar tidur. 

Baca juga: Cermin di Atas Tempat Tidur Tidak Bagus Menurut Feng Shui, Kenapa?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com