Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menerapkan Feng Shui di Kamar Tidur Kecil agar Lebih Nyaman

Kompas.com - 11/10/2023, 21:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai tempat istirahat, kamar tidur menjadi ruangan yang paling sering digunakan. Maka dari itu, kamar tidur perlu ditata dan didekorasi sedemikian rupa untuk menunjang kenyamanan saat beristirahat.

Feng shui dipercaya bisa membantu menciptakan kenyamanan di dalam kamar tidur dengan memperhatikan aliran energi atau chi di dalam ruangan. Keseimbangan yang tepat dipercaya bisa meningkatkan kualitas tidur.

Feng shui bisa diterapkan di kamar tidur dengan mudah. Dilansir dari Better Homes & Gardens, Rabu (11/10/2023), berikut cara menerapkan feng shui di kamar tidur kecil agar lebih nyaman.

Baca juga: 5 Cara Menghadirkan Feng Shui di Kamar Tidur

Atur tempat tidur dengan posisi yang tepat

Tempat tidur adalah perabotan terpenting di kamar tidur. Maka dari itu, posisi tempat tidur akan mempengaruhi nuansa ruangan tersebut.

Ilustrasi kamar tidur kecil, tempat tidur di depan jendela.Shutterstock/JR-stock Ilustrasi kamar tidur kecil, tempat tidur di depan jendela.

Dalam feng shui, area terbaik untuk meletakkan tempat tidur yaitu berseberangan dengan pintu. Tujuannya agar saat Anda berbaring bisa langsung menghadap pintu tanpa langsung sejajar dengan pintu. Posisi ini bisa mencegah energi mengalir terlalu cepat keluar pintu.

Rapikan kamar dengan rutin

Cara menerapkan feng shui di kamar tidur kecil lainnya yaitu dengan rutin merapikan ruangan tersebut. Kamar tidur yang berantakan bisa membuat Anda stres.

Agar aliran energi baik dalam ruangan tetap lancar, maka Anda perlu rutin merapikan kamar tidur dan menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak digunakan.

Baca juga: 4 Tips Meningkatkan Feng Shui di Kamar Tidur

Pada area yang keluar-masuk ruangan, sebaiknya dibuat lapang tanpa hambatan. Selain itu, kolong tempat tidur juga sebaiknya dijaga agar tetap bersih. Dengan demikian aliran energi menjadi optimal.

Menyeimbangkan desain dalam ruangan

Keseimbangan menjadi hal penting dalam feng shui. Maka dari itu, Anda perlu menata kamar tidur dengan baik.

Anda bisa memusatkan tempat tidur di dinding dan letakkan sepasang meja di samping tempat tidur. Dalam kamar tidur, Anda bisa menambahkan lampu, bantal, dan barang-barang lain yang simetris agar tampilannya serasi.

Pilih warna pastel

Pemilihan warna yang tepat juga bisa menjadi salah satu cara menerapkan feng shui di kamar tidur kecil. Warna pastel yang lembut bisa membuat ruangan lebih nyaman.

Baca juga: 7 Tips Menerapkan Feng Shui di Kamar Tidur

Beberapa warna yang bisa digunakan antara lain; warna gading, kelabu tua, merah muda, atau peach. Warna-warna tersebut bisa dihadirkan pada tempat tidur, dinding, atau karpet.

Jangan letakkan barang elektronik di dalam kamar

Barang-barang elektronik seperti televisi, telepon, handphone, dan komputer sebaiknya tidak diletakkan dalam ruangan. Tujuannya untuk menciptakan lingkungan tempat istirahat tanpa gangguan.

Walaupun demikian, Anda tetap bisa meletakkan jam alarm untuk membantu Anda bangun lebih awal di pagi hari.

Ilustrasi kamar tidur, cermin di kamar tidur.SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi kamar tidur, cermin di kamar tidur.

Tempatkan cermin

Cermin bisa membantu meningkatkan energi baik dalam ruangan yang dapat membuat nda tidru lebih nyaman dan tenang. Selain itu, cermin juga bisa membuat ruangan lebih terang.

Baca juga: Aturan Feng Shui di Kamar agar Tidur Semakin Lelap

Namun, jika ingin meletakkan cermin dalam ruangan, pastikan cermin tidak menghadap langsung ke tempat tidur karena akan mengganggu pandangan Anda saat hendak tidur.

Sebaiknya, posisikan cermin menghadap jendela agar bisa memantulkan cahaya alami dalam ruangan di siang hari.

Hindari furnitur bersudut tajam

Cara menerapkan feng shui di kamar tidur kecil selanjutnya yaitu menghindari furnitur dan dekorasi yang bersudut tajam. Sebab, tanpa disadari furnitur bersudut tajam akan membuat Anda gelisah.

Sebagai gantinya, pilihlah barang-barang dengan tepian bulat atau berbentuk lingkaran. Dengan demikian, Anda tak perlu risau furnitur akan melukai Anda.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com