Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/08/2023, 18:05 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki kamar tidur kecil menghadirkan tantangan tersendiri. Jika tidak ditata baik, kamar tidur kecil dapat cepat berantakan sehingga mengurangi kenyaman beristirahat.

Di samping memaksimalkan ruang untuk menjaga barang-barang tetap teratur, penting pula mendekorasi kamar tidur kecil dengan tepat sehingga membuatnya terasa lebih besar. 

Baca juga: 4 Ide Penyimpanan Barang di Kamar Tidur Kecil agar Tak Berantakan

Hindari juga melakukan kesalahan dekorasi atau penataan yang membuat kamar tidur kecil semakin sempit. Dikutip dari The Living House, Kamis (31/8/2023), berikut sejumlah kesalahan mendekorasi kamar tidur kecil. 

Terlalu banyak furnitur

Ilustrasi kamar tidur kecil, tempat tidur di depan jendela.Shutterstock/JR-stock Ilustrasi kamar tidur kecil, tempat tidur di depan jendela.
Di kamar tidur kecil, penting meminimalkan kekacauan dan mengurangi furnitur. Menggunakan furnitur yang memiliki fungsi ganda merupakan kunci membuat ruangan tampak luas dan mengosongkan ruang lantai.

Pertimbangkan menambahkan barang-barang, seperti meja nakas atau meja samping tempat tidur dan rak buku.

Selain itu, gunakan tempat tidur dengan tempat penyimpanan di bawahnya untuk menyimpan perlengkapan tempat tidur tambahan maupun pakaian yang jarang digunakan.

Baca juga: 5 Cara Menata Kamar Tidur Kecil agar Lebih Besar dan Lapang

Memenuhi ruang lantai

Hindari menempatkan furnitur besar yang memenuhi ruang lantai karena akan membuat kamar tidur terasa lebih kecil.

Pertimbangkan menggunakan meja yang dipasang di dinding atau tempat tidur berkaki sehingga Anda dapat melihat ruang lantai di bawahnya yang tampak lebih besar.

Karpet terlalu kecil

Hindari menempatkan karpet terlalu kecil karena akan menarik perhatian ke dalam dan membuat Anda sadar akan proporsi yang kecil.

Karpet besar di bawah furnitur akan mengarahkan pandangan mata lebih luas sehingga menciptakan ilusi ruang serta membuat kamar tidur kecil terasa lebih terbuka.

Baca juga: Cara Memilih Karpet yang Tepat untuk Rumah

Ukuran gorden tidak tepat

Ilustrasi kamar tidur kecil, gorden kamar tidur. Shutterstock/PixJoe.Stock Ilustrasi kamar tidur kecil, gorden kamar tidur.
Jika memungkinkan, pilih gorden dengan panjang hingga lantai dan tempatkan tiang atau rel gorden dekat plafon. 

Menggantungnya jauh di atas bingkai jendela akan menarik mata ke atas, membuat kamar tidur kecil terasa lebih besar.

Pertimbangkan menggunakan satu warna dengan desain sederhana karena gorden bermotif bisa membuat ruangan terlihat ramai.

Baca juga: 7 Trik Menggunakan Gorden agar Ruangan Terlihat Lebih Luas

Mengabaikan ruang dinding

Rak tambahan di kamar tidur kecil dapat menjadi tempat menyimpan buku, majalah, tanaman, dan bingkai foto. Cobalah memanfaatkan ruang dinding belakang tempat tidur untuk meletakkan barang-barang dekoratif.

Jika memiliki banyak buku, pilih rak tinggi di sekitar dan atas pintu untuk memberikan kesan rapi. Anda dapat mengecat rak dengan warna sama dengan dinding untuk tampilan bersih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com