Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Menata Kamar yang Bisa Datangkan Feng Shui Buruk

Kompas.com - 28/12/2023, 20:06 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Prinsip feng shui telah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu, salah satunya untuk mengatur dan mendekorasi ruangan.

Feng shui bisa digunakan untuk level makro seperti keseluruhan rumah atau bahkan level mikro seperti kamar tidur.

Dengan penataan dan penempatan yang tepat, sebuah ruangan akan memancarkan energi (atau chi) positif di dalam rumah dan mengalirkan kepada orang-orang di dalamnya.

Baca juga: 10 Cara Menata Kamar Tidur Sesuai Feng Shui

Namun, ada yang namanya feng shui buruk dan ini paling terlihat jelas di kamar tidur. Jika feng shui tidak tepat, kamar tidur menjadi berantakan dan bisa menyebabkan stres hingga berdampak pada waktu istirahat.

Dilansir dari Homes and Gardens dan Real Simple, Selasa (26/12/2023), berikut beberapa kesalahan menata kamar tidur yang dapat mendatangkan feng shui buruk.

1. Meletakkan cermin sembarangan

Jangan letakkan tempat tidur menghadap cermin, karena pantulan cermin dapat mengganggu tidur.

Salah satu penyebabnya adalah karena dapat menakuti orang yang mengantuk yang melihat bayangan saat terbangun pada malam hari. Hal ini bisa mengganggu istirahat dan membuat jantung berdebar kencang.

Selain itu, sebaiknya kamu juga tidak menempatkan cermin menghadap jendela karena dapat memantulkan energi positif ke luar ruangan.

2. Memiliki foto atau hiasan bertema air

Ilustrasi gambar obyek laut di dalam kamar tidur. Unsplash/Annie Spratt Ilustrasi gambar obyek laut di dalam kamar tidur.

Meskipun karya seni dapat mempercantik ruangan serta menambah keindahan, dalam feng shui, gambar bertema air tidak disarankan diletakkan di kamar tidur.

Baca juga: 7 Lukisan yang Tidak Boleh Dipajang di Kamar Tidur Menurut Feng Shui

Teorinya adalah 'gambar air yang bergejolak atau air yang tenang tidak membantu, karena dapat meningkatkan emosi dan dapat memicu ledakan tekanan atau pertengkaran.'

Elemen air (seperti air mancur dan karya seni yang menggambarkan lautan) dapat meningkatkan feng shui yang baik di rumah. Namun, elemen tersebut sebaiknya disimpan di luar kamar tidur karena mengeluarkan terlalu banyak energi.

Selain itu, sebaiknya tidak memajang foto teman atau orang lain di kamar tidur. Pasang foto diri sendiri bersama pasangan. Jika kamu lajang dan sedang mencari pasangan, hindari gambar orang atau objek lajang.

Sebaliknya, fokuslah pada karya seni yang menggambarkan pasangan. Bisa juga dua benda dalam gambar atau pilih karya seni yang berpasangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com