Kompas.com - 28/06/2022, 21:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Furnitur yang terbuat dari kayu merupakan perabotan yang banyak disukai dan digunakan di rumah.

Selain tahan lama, furnitur kayu memiliki tampilan yang bergaya, menarik, dan cocok dipadukan dengan hampir semua elemen dekorasi apa pun. 

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Berbelanja Furnitur Outdoor

Namun, saat memilih furnitur kayu penting memeriksanya dengan cermat demi memperoleh produk terbaik serta berkualitas.

Untuk meningkatkan peluang Anda membeli furnitur kayu berkualitas tinggi dan tahan lama, berikut beberapa tips memilih furnitur kayu berkualitas tinggi dikutip dari My Decorative, Selasa (28/6/2022). 

Lakukan penelitian tentang berbagai jenis kayu 

Ilustrasi dapur, ilustrasi furnitur kayu atau kabinet kayu di dapur.Shutterstock/Photographee.eu Ilustrasi dapur, ilustrasi furnitur kayu atau kabinet kayu di dapur.
Furnitur yang terbuat dari kayu solid biasanya memiliki harga lebih mahal dibanding furnitur  yang terbuat dari material lain seperti logam atau plastik.

Kayu solid juga memiliki tampilan yang terlihat bagus, tetapi rentan terhadap cincin air dan goresan, tergantung pada spesies atau jenis yang dipilih. Ini adalah alasan utama mengapa perlu meneliti berbagai jenis kayu. 

Baca juga: 3 Tips Membeli Furnitur Bekas agar Menghemat Anggaran

Furnitur kayu umum dibagi menjadi tiga kategori, yakni veneer, kayu komposit atau papan partikel, dan kayu solid. Furnitur kayu veneer memiliki harga lebih murah dibanding furnitur kayu solid.

Sementara potongan furnitur kayu komposit dan papan partikel terbuat dari bahan gabungan, yaitu resin, plastik, dan pulp kayu. Biaya jenis kayu ini biasanya lebih rendah daripada material kayu lain.

Meski harganya murah, furnitur kayu komposit tetap terlihat bagus serta mampu bertahan selama beberapa dekade. 

Baca juga: 4 Tips Terbaik Menata Furnitur di Kamar Tidur

Luangkan waktu memeriksa lemari dan laci 

Ilustrasi furnitur kayuUnsplash/Nathan Oakley Ilustrasi furnitur kayu
Jika ingin membeli lemari dan laci yang terbuat dari kayu, cermati setiap pilihannya. Buka setiap lemari dan laci sehingga mengetahui furnitur tersebut benar-benar bagus serta berkualitas.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.