Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaya Dekorasi Rumah yang Populer Selama 10 Tahun Terakhir, Apa Saja?

Kompas.com - 10/01/2021, 16:49 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dekade 2010-an baru saja berakhir. Sepanjang sepuluh tahun terakhir, berbagai gaya dan tren desain interior berkembang dengan pesat.

Selama satu dekade ke belakang, semakin banyak orang menggunakan media sosial seperti Pinterest dan Instagram untuk mencari inspirasi dekorasi rumah. Dari internetlah berkembang beragam tren dekorasi rumah, seperti Skandinavia, industrial, modern farmhouse, midcentury modern, dan sebagainya.

Nah, apa saja gaya dekorasi rumah yang populer sepanjang dekade 2010-an? Dilansir dari Better Homes & Gardens, Minggu (10/1/2021), berikut ulasannya.

Baca juga: 5 Kesalahan Dekorasi Kamar yang Malah Bikin Sulit Tidur

1. Modern farmhouse

Sepanjang tahun 2010 hingga 2020, begitu banyak barang dan dekorasi rumah bertemakan modern farmhouse alias rumah pertanian modern. Sebut saja model pintu dan wastafel yang khas.

"Gaya tersebut memperkenalkan kembali kita pada ruang nyaman dan hangat yang menyambut dan mengundang untuk teman dan keluarga, dengan catatan elemen abad pertengahan," kata Alessandra Wood, vice president of style di Modsy.

2. Midcentury modern

Menurut Wood, salah satu pengaruh tren dekorasi rumah midcentury modern alias ala abad pertengahan yang modern adalah dari Mad Men, drama seri asal Amerika Serikat yang episode terakhirnya mengudara pada Mei 2015.

Sejak saat itu berkembang kegemaran akan kursi Eames, sofa dengan kaki melebar, dan lampu gantung Sputnik.

Baca juga: 10 Ide Dekorasi Ruang Gym di Rumah agar Menarik dan Nyaman

"Kami melihat obsesi Mad Men mengalir ke dalam desain furnitur di hampir setiap pengecer besar dengan cara tertentu. Baik melalui sentuhan akhir pohon ek dan kaki (meja dan kursi) meruncing, desain bergaya modern abad pertengahan ada di mana-mana," ungkap Wood.

3. Eklektik dan boho

Sangat dipengaruhi oleh desainer Justina Blakeney, gaya berpadu dengan hutan yang terinspirasi dari boho meledak dalam popularitas selama tahun 2010-an. Gaya ini adalah penawar berani dan penuh warna untuk desain modern yang lebih minimalis pada periode waktu yang sama.

Hiasan dinding macrame, tanaman hias tropis, furnitur rotan, dan wallpaper bermotif botani yang berani sangat menonjolkan ruang eklektik dan enerjik ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com