Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lupa, Begini Cara Disinfeksi Termometer yang Benar

Kompas.com - 10/01/2021, 11:25 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap rumah setidaknya harus memiliki satu termometer di kotak obat. Kegunaan termometer pun kini semakin disadari pentingnya sejak pandemi virus corona merebak.

Memantau suhu tubuh seseorang adalah indikator yang baik untuk kesehatan selama musim flu atau serangan penyakit apa pun. Anda dapat membeli termometer oral, rektal, telinga, atau dahi (temporal).

Seberapa sering harus mendisinfeksi termometer?

Dilansir dari The Spruce, Minggu (10/1/2021), apakah Anda memiliki termometer berisi merkuri, digital, atau inframerah, sangat penting untuk mendisinfeksi atau membersihkan termometer di antara penggunaan, serta yang paling penting, jika digunakan bersama di antara anggota keluarga.

Baca juga: Tisu Basah Disinfektan Habis? Bisa Bikin Sendiri di Rumah

Bilas cepat dengan air dingin tidak akan membunuh bakteri yang dapat menyebar ke orang lain.

Namun, hanya dengan beberapa menit dan sedikit perbekalan, Anda dapat membantu melindungi keluarga Anda dari penyebaran kuman.

Kapan saatnya harus mengganti termometer?

Jika Anda masih memiliki termometer kaca berisi merkuri dan khawatir tentang kemungkinan pecah, inilah saatnya untuk menyelidiki jenis termometer yang lebih baru. Termometer kaca masih tersedia dengan paduan logam bebas merkuri yang mencatat suhu.

Termometer digital dan infra merah membutuhkan baterai baru atau harus diganti ketika tampilan digital suhu lambat atau tampak tidak akurat. Tenaga kesehatan atau apoteker bisa merekomendasikan jenis termometer atau merek terbaik untuk kebutuhan Anda.

Baca juga: Begini Cara Membersihkan Kasur yang Benar

Cara mendisinfeksi termometer

Bahan yang dibutuhkan antara lain kapas, baik kapas kecantikan atau kapas bola, alkohol isopropil, sabun cair antibakteri, penutup ujung plastik sekali pakai (opsional), dan kertas tisu.

1. Cara mendisinfeksi termometer rektal dan mulut nondigital

Untuk tindakan pencegahan ekstra, bersihkan dan desinfeksi termometer oral dan rektal non-ldigital sebelum dan sesudah digunakan.

Jika Anda memiliki termometer digital atau non-digital oral dan rektal yang serupa, luangkan waktu untuk memberi label pada setiap wadah untuk mencegah kontaminasi silang.

Adapun langkah disinfeksi pertama adalah cuci termometer dengan air hangat dan beberapa tetes sabun cair anti bakteri. Bilas bersih dengan air hangat untuk menghilangkan sisa sabun.

Kemudian, basahi bola kapas atau bantalan dengan alkohol isopropil. Pastikan kandungan alkohol setidaknya 60 persen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com