Kompas.com - 09/01/2021, 08:00 WIB
Ilustrasi kasur, tempat tidur SHUTTERSTOCK/LUNOPARKIlustrasi kasur, tempat tidur

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki tempat tidur yang bersih dan terbebas dari kuman serta bakteri dapat memberikan kenyamanan saat beristirahat.

Ternyata, ada beberapa hal kecil yang dapat membantu membersihkan tempat tidur sehingga memberikan kenyamanan saat tidur di malam berikutnya.

Dilansir dari Good Housekeeping, Sabtu (9/1/2021), rata-rata sebagian orang mengganti kasur mereka yang seharusnya bisa lebih tahan lama dengan melakukan kegiatan membersihkan tempat tidur berikut ini.

Baca juga: Kenali 4 Tipe Kasur yang Sesuai Kebutuhan

1. Membalikkan selimut

Ternyata merapikan tempat tidur ketika bangun setiap pagi dapat berdampak buruk bagi kasur. Sebab, setiap malam manusia kehilangan sekitar setengah liter air saat tidur.

Meskipun kita menghembuskan napas ini sebagai uap air, kita mengeluarkan keringat lainnya langsung ke tempat tidur.

Hal yang harus dilakukan adalah membalikkan selimut agar agar menghilangkan kelembapan di dalamnya. Membuka jendela kamar juga dapat membuat memberikan kesegaran dan menghilangkan kelembaban di dalam kamar.

2. Cuci seprai seminggu sekali

Cegah tungau debu agar tidak tinggal di kasur dengan mengganti seprai dan selimut setidaknya sekali seminggu dan mencucinya pada suhu minimum 60 derajat celsius.

Baca juga: Simak, Panduan Feng Shui dalam Memilih Kasur dan Tempat Tidur

Gunakan pelindung kasur atau duvet yang bisa dicuci dengan mesin untuk membantu mencegah keringat atau cairan tubuh lain yang bersentuhan dengan kasur Anda.

Cuci sekali setiap dua bulan pada suhu tertinggi yang direkomendasikan pada label perawatan.

3. Sedot debu pada kasur secara rutin

Manusia kehilangan setengah kilogram sel kulit mati setiap tahunnya dan beberapa di antaranya tertinggal di atas kasur. Untuk menghilangkannya Anda bisa menyedot kasur dengan vacuum cleaner.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X