Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikan Cupang Juga Bisa Terserang Penyakit TBC, Ini Gejalanya

Kompas.com - 10/01/2021, 10:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang memelihara ikan cupang, kesehatan ikan harus menjadi perhatian. Cermati kondisi apapun yang terjadi dan kenali beragam jenis penyakit pada ikan cupang.

Salah satu penyakit yang bisa diderita ikan cupang adalah tuberkulosis atau TBC. Meskipun ini merupakan penyakit langka pada ikan cupang, namun bila terserang, dampaknya bisa serius.

Dilansir dari Betta Care Fish Guide, Minggu (10/1/2021), penyakit tuberkulosis pada ikan cupang berbeda dengan tuberkulosis pada manusia. Jika ikan cupang Anda menderita tuberkulosis, maka jangan khawatir, penyakit ini tidak akan menular ke manusia.

Baca juga: Catat, Ini 6 Penyakit yang Umum Menyerang Ikan Cupang

Penyakit tuberkulosis pada ikan cupang disebabkan oleh satu jenis bakteri, yakni Mycobacterium marinum. Bakteri ini banyak ditemukan di akuarium, namun biasanya hanya menyerang ikan cupang yang memiliki sistem imun atau kekebalan tubuh lemah.

Gejala penyakit tuberkulosis pada ikan cupang

Salah satu masalah terbesar dengan tuberkulosis pada ikan cupang adalah penyakit ini umumnya tanpa gejala sampai sudah terlambat. Oleh karena itu, berikut adalah gejala paling umum yang terkait dengan tuberkulosis.

1. Ikan menjadi kurus dan kehilangan nafsu makan

Beberapa gejala tuberkulosis yang paling umum pada ikan cupang adalah kurus dan hilangnya nafsu makan. Ini tidak hanya menurunkan berat badan, tetapi juga kehilangan kepadatan otot. Ini terutama terlihat di bagian atas tubuh mereka.

2. Kerangka bengkok

Jika Anda melihat ikan cupang memiliki kerangka yang bengkok, Anda sedang melihat tanda-tanda tuberkulosis. Namun, ini hanya berlaku saat kerangka menekuk secara vertikal.

Baca juga: Ketahui, 7 Tanda Ikan Cupang yang Sehat Sebelum Membelinya

Jika bengkok ke samping maka seperti yang disebutkan sebelumnya mereka bisa menderita penyakit gembur-gembur.

3. Cacat kulit

Anda mungkin juga melihat cacat kulit seperti hilangnya sisik, bercak darah, luka terbuka, perubahan warna, lesi, dan sirip terlipat. Hilangnya sisik, bila dikombinasikan dengan gejala lain merupakan indikator tuberkulosis.

Bagaimana cara mengobati tuberkulosis pada ikan cupang? 

Jika Anda menduga ikan cupang Anda menderita TBC, sayangnya tidak banyak yang bisa dilakukan. Ada spekulasi bahwa jika Anda memberi dosis pada akuarium dengan antibiotik atau membersihkan luka dengan penisilin, Anda mungkin dapat membantu pemulihannya.

Namun sekali lagi, ini hanya spekulasi dan tidak banyak penelitian yang mendukungnya.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com