Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara yang Dapat Membantu Ikan Cupang Bisa Hidup Lebih Lama

Kompas.com - 05/01/2021, 17:06 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mungkin kamu sudah tahu bahwa ikan cupang adalah salah satu hewan peliharaan yang tidak memiliki masa hidup yang begitu lama.

Seekor ikan cupang yang tinggal di akurium umumnya bisa hidup selama 3-5 tahun. Namun, usia hidup ikan cupang tergantung bagaimana sang pemilik merawatnya, jika buruk maka bisa kurang dari 3 tahun.

Dengan cukup singkatnya masa hidup ikan cupang, kamu mungkin tidak mau kehilangan lebih cepat ikan cupang kesayanganmu yang telah kamu rawat.

Baca juga: Berapa Lama Seekor Ikan Cupang Bisa Hidup?

Untungnya, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu ikan cupangmu hidup lebih lama.

Dilansir dari beberapa sumber, Selasa (5/1/2021), dengan mengikuti semua ide di bawah ini, kamu akan memberi cupangmu kesempatan terbaik untuk bertahan hidup lebih lama.

1. Simpan di wadah besar

Mungkin ini bertentangan dengan apa yang mungkin pernah kamu dengar. Meski bisa bertahan hidup di wadah yang begitu kecil, itu bukan berarti ikan cupang bisa selamanya hidup di wadah kecil.

Kamu harus tahu bahwa ikan cupang cupang tidak boleh disimpan di dalam akuarium berukuran 1-2 galon atau sekitar 3,8 - 7,6 liter. Mereka membutuhkan minimal 5 galon (18,92 liter) untuk hidup bahagia dan sehat. Ukuran yang lebih besar selalu lebih baik.

Baca juga: 5 Makanan Ini Bisa Bikin Warna Ikan Cupang Makin Cerah, Apa Saja?

Jika kamu ingin ikan cupangmu hidup selama mungkin, pastikan kamu telah menambahkannya ke akuarium yang berukuran minimal 5 galon.

Apa pun yang lebih kecil dari ukuran itu, mereka bisa mulai tertekan dan bosan. Belum lagi fakta bahwa kondisinya akan berfluktuasi jauh lebih liar di wadah yang lebih kecil.

Dan untuk ikan cupang betina akan membutuhkan lebih banyak lagi. Jika kamu akan memelihara perkumpulan ikan cupang betina, kamu akan membutuhkan setidaknya 20 galon (76 liter).

2. Pastikan kamu memiliki pemanas

Pemanas penting untuk hampir setiap akuarium ikan cupang. Ikan cupang memiliki persyaratan yang cukup ketat dalam hal suhu di akuarium mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com