Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Menitipkan Hewan Peliharaan di Pethotel Saat Mudik? Ini Kata Dokter Hewan

Kompas.com - 05/04/2024, 19:40 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mudik menjadi pengalaman menyenangkan dan ditunggu saat akhir bulan Ramadan. 

Mudik menjadi momen merayakan Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman. 

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Disiapkan Saat Membawa Hewan Peliharaan Mudik

Namun, bagi mereka yang memiliki hewan peliharan, memutuskan melakukan perjalanan mudik bisa menjadi hal sulit.

Sebab, menyertakan sahabat bulu dalam perjalanan mudik membutuhkan berbagai persiapan dan pertimbangan matang, dari kebutuhan hewan peliharaan, memeriksa prosedur terkait perjalanan, dan membuat sahabat bulu merasa nyaman di kendaraan. 

Ditambah, mudik bersama hewan peliharaan lebih banyak memberikan risiko, terutama untuk perjalanan jauh dan menggunakan mobil. 

Rio Aditya Setiawan, dokter hewan sekaligus SEA Scientific Communication & Scientific Affairs Lead Royal Canin, mengatakan mudik bisa dibilang sesuatu yang baru bagi sahabat bulu dan kondisinya berbeda dengan di rumah. 

Tidak semua hewan peliharaan tahan terhadap perjalan panjang, terlebih menggunakan mobil dengan jarak jauh.  

Baca juga: 5 Cara Mencegah Hama Masuk ke Rumah Saat Ditinggal Mudik

Ilustrasi anjing Maltese, Ilustarsi membawa anjing peliharaan mudik dengan travel box.Shutterstock/Monika Wisniewska Ilustrasi anjing Maltese, Ilustarsi membawa anjing peliharaan mudik dengan travel box.
"Ini adalah situasi baru atau berbeda bagi hewan serta membuatnya tak senyaman di rumah," ucap Rio kepada Kompas.com dalam acara buka puasa Royal Canin bersama awak media, beberapa waktu lalu. 

Tak heran, kebanyakan hewan peliharaan mengalami stres selama di perjalanan mudik. Tanda-tanda stres ini meliputi mual, muntah, diare, serta lemas.

Maka itu, perlu mempertimbangkan sejumlah hal sebelum membawa hewan peliharaan mudik, dari kesehatan hewan, kenyamanan selama di perjalanan, kebutuhan hewan yang perlu dibawa, hingga memastikan hewan merasa aman dan nyaman di kota tujuan. 

"Membawa hewan peliharaan mudik boleh-boleh saja dilakukan, asalkan telah memastikan kebutuhan selama di perjalanan dan tiba di tempat tujuan terpenuhi," katanya. 

Namun, Rio menjelaskan jika kondisi hewan peliharaan tidak memungkinkan, seperti sakit, belum divaksin ulang, belum pernah bepergian, dan sahabat bulu memiliki kesulitan beradaptasi dengan lingkungan baru, sebaiknya tidak membawa hewan peliharaan mudik. 

Baca juga: 7 Cara Menjaga Rumah Tetap Aman dan Bersih Saat Mudik Lebaran

Ilustrasi kucing, Ilustarsi membawa kucing peliharaan mudik dengan travel box.Shutterstock/ANURAK PONGPATIMET Ilustrasi kucing, Ilustarsi membawa kucing peliharaan mudik dengan travel box.
"Hal-hal ini bisa membuat hewan stres, yang menyebabkan imunitas menurun dan sakit," imbuh dokter Rio. 

Mau tak mau, pemilik harus meninggalkan hewan peliharaan di rumah. Namun, apabila hewan sendirian di rumah atau tidak ada orang yang memantaunya sesekali, sebaiknya tidak meninggalkan hewan di rumah selama Anda mudik. 

"Saya tidak merekomendasikan meninggalkan hewan peliharaan sendiri di rumah, lalu diberikan banyak makanan," ujarnya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com