Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/01/2021, 16:26 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain sirip atau ekornya, warna yang cantik pada badan ikan cupang adalah daya tarik tersendiri yang mampu membuat para penggemar ikan hias terpesona untuk memeliharanya.

Namun, warna cerah dan menarik pada badan ikan cupang itu tidak bisa mudah timbul dengan sendirinya. Ada beberapa proses untuk meningkatkan warna yang cantik pada bada ikan cupang, dan itu harus tekun dilakukan.

Jika warna pada ikan cupang milikmu tidak begitu menarik dan cerah, kamu tak perlu khawatir dan minder. Sebab, ada cara untuk meningkatkan warna ikan cupang yang kamu pelihara.

Baca juga: Lebih Baik Tanaman Asli atau Palsu untuk Akuarium Ikan Cupang?

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (1/1/2021), berikur ini beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk bisa meningkatkan warna pada ikan cupang.

1. Tingkatkan kualitas air

Salah satu solusi terbaik untuk sebagian besar masalah ikan cupangmu adalah dengan meningkatkan kualitas air. Hal satu ini juga bisa berpengaruh pada peningkatan warna ikan cupang.

2. Pastikan wadah ikan cupang cukup besar

Jika ingin meningkatkan warna pada badan ikan cupangmu, pastikan bahwa kamu meletakkannya di dalam akuarium yang berukuran minimal 5 galon atau sekitar 20 liter lebih.

Alasan mengapa akuarium besar lebih baik adalah karena perlu waktu lebih lama untuk mengubah parameter air. Cara termudah untuk memikirkan hal ini adalah bahwa 1 galon air akan menjadi lebih dingin lebih cepat daripada 10 galon air.

Baca juga: 5 Tanaman yang Dapat Diletakkan di Akuarium Ikan Cupang

3. Pastikan mereka memiliki pemanas dan filter

Kamu juga perlu memastikan bahwa ikan cupang memiliki filter dan pemanas pada akuariumnya. Keduanya diperlukan untuk ikan cupang karena mereka adalah ikan tropis.

Berlawanan dengan kepercayaan populer, mereka tidak bisa bertahan lama di semangkuk air. Dan bahkan jika mereka melakukannya, mereka akan menjadi sangat tidak sehat dan tidak bahagia.

4. Lakukan pergantian air secara reguler

Kamu harus sering mengganti air ikan cupang. Usahakan untuk rutin mengganti air pada wadah ikan cupang selama 2 hari sekali.

Tapi kamu perlu ingat, tidak seluruh air di wadah ikan cupang harus kamu ganti. Kamu disarankan untuk mencampur terlebih dahulu air lama dengan air yang baru.

Hal tersebut akan memudahkan ikan cupang untuk beradaptasi dengan air tempatnya hidup.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com