Kompas.com - 07/01/2021, 17:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam proses merawat dan memelihara tanaman, terdapat banyak tantangan untuk membuatnya tumbuh dengan baik dan terhindar dari berbagai kerusakan akibat serangan hama.

Dan salah satu hama yang biasa menyerang tanaman adalah kutu putih, yang mana bentuknya seperti serat kapas putih atau serangga kecil bergerombol berwarna putih, yang menempel pada daun atau batang tanaman.

Hama kutu putih adalah suatu hama kutu daun, yang mana untuk pembasmiannya sedikit sulit dilakukan, karena hama satu ini memiliki lapisan kandungan lilin pada tubuhnya.

Baca juga: Mengenal Kutu Putih pada Tanaman dan Cara Menanganinya

Artinya, tubuh si hama kutu putih seperti mengandung minyak, sehingga pada saat melakukan penyemprotan pestisida itu biasanya hama kutu putih tidak bisa langsung terbasmi.

Dan apabila kutu putih adalah hama yang muncul dan sudah terlihat pada tanamanmu, jangan dibiarkan berlama-lama, karena mereka pasti akan bisa merusak tanaman.

Daun tanaman yang diserang hama kutu putih bisa menjadi layu serta kering, bahkan bisa mengalami kerontokan.

Untuk membasmi hama kutu putih lebih efektif dan mudah, kamu bisa melakukannya dengan menggunakan air yang dicampur sabun pencuci piring cair.

Baca juga: Simak, Cara Alami Membasmi Kutu Putih pada Tanaman

Dilihat dari akun Youtube Tanaman Rumah, Kamis, (7/1/2021), kandungan sabun cair dari sabun cuci piring dapat melunturkan lapisan lilin pada tubuh kutu putih, sehingga itu bisa membasmi dan membuat mati kutu putih.

Metode pembasmian kutu putih satu ini bisa menjadi paling mudah untuk dipraktikkan, karena bahan utamanya mungkin sudah tersedia di wastafel rumahmu.

Cara pembuatan

Siapkan sabun pencuci piring cair dari berbagai merek, usahakan yang memiliki kandungan jeruk nipis. Setelah itu, siapkan pula air dan botol semprot.

Sabun pencuci piring ini akan dijadikan larutan untuk membasmi hama kutu putih yang ada atau muncul pada tanaman yang kamu miliki di rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.