Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/12/2020, 08:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda yang merawat tanaman, baik tanaman hias di dalam ruangan maupun di halaman rumah, perlu memperhatikan hama yang mungkin hinggap dan merusak tanaman.

Sebab, nutrisi tanaman bisa diserap oleh hama, yang membuat tanaman dapat terganggu pertumbuhannya atau bahkan mati. Salah satu hama yang kerap mengganggu tanaman adalah kutu putih.

Kutu putih pada tanaman tampak seperti serat kapas putih atau serangga kecil bergerombol berwarna putih, yang menempel di daun atau batang. Jenis hama yang merupakan anggota famili serangga Coccoidea ini umum menyerang tanaman hias dan tanaman yang ada di halaman rumah.

Baca juga: Mengenal Kutu Putih pada Tanaman dan Cara Menanganinya

Ukuran kutu putih berkisar antara 1 hingga 4 milimeter, dengan panjang tergantung usia dan spesiesnya. Pada tanaman di halaman rumah, kutu putih biasanya hidup berkoloni.

Untuk membasmi kutu putih pada tanaman, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Namun demikian, Anda tidak perlu menggunakan pestisida atau insektisida buatan pabrik untuk mengatasinya.

Berikut beberapa cara alami membasmi kutu putih pada tanaman.

1. Semprot dengan air dan minyak nimba

Dilansir dari The Spruce, Senin (14/12/2020), Anda bisa membasmi koloni kecil kutu putih cukup dengan menyemprotkan air. Gunakan selang atau semprotan untuk menghilangkan kutu putih pada batang atau daun tanaman.

Baca juga: Tanaman-tanaman Ini Bisa Usir Kutu di Halaman Rumah

Kemudian, semprotkan minyak nimba atau neem oil ke bagian tanaman yang terdampak kutu putih. Minyak nimba tidak akan menarik perhatian lebah, sehingga ideal aman untuk ekosistem halaman rumah Anda.

2. Kendalikan semut

Mengutip Hunker, kutu putih mengeluarkan semacam zat lengket yang menarik semut ke bagian tanaman yang terdampak. Jika semut hadir di situ, maka akan mencegah predator alami mendekati kutu putih secara efektif.

Tidak cuma itu, semut seringkali 'membawa' kutu putih dan membawanya ke tanaman lain, sehingga menyebarkan masalah hama.

Kendalikan semut akan membantu mengendalikan dan membasmi kutu putih, sekaligus menghentikan penyebaran kutu putih ke tanaman yang saat ini tidak terinfeksi. Ada banyak cara untuk mengendalikan semut secara alami dan efektif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com