Kompas.com - 13/12/2020, 16:32 WIB
Ilustrasi tempat cuci piring di dapur. SHUTTERSTOCK/BEN BRYANTIlustrasi tempat cuci piring di dapur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saluran air di tempat cuci piring di dapur seringkali mampet. Ini disebabkan benda-benda yang menyumbat, seperti sisa makanan dan kotoran lainnya.

Untuk menjaga agar saluran air di dapur tidak mudah mampet, maka pertimbangkan lagi benda-benda yang Anda buang. Jangan lagi menuang minyak bekas memasak atau ampas kopi ke saluran air di dapur.

Selain itu, tidak membuang sembarang benda atau sisa makanan ke saluran air di dapur juga akan membantu menjaga kualitas air tanah di lingkungan rumah.

Baca juga: 6 Ide dan Tips Dekorasi Rak Dapur Minimalis yang Bisa Ditiru

Kalau kondisi saluran air yang mampet semakin parah, Anda tentu harus meminta bantuan teknisi atau tukang untuk mengatasinya.

Dilansir dari Real Simple, Minggu (13/12/2020), berikut sejumlah benda yang tidak boleh dibuang di saluran air di dapur.

1. Minyak dan lemak

Jika Anda punya kebiasaan membuang minyak bekas menggoreng ke saluran air di dapur, ada baiknya memikirkan ulang kebiasaan ini. Sebab, ketika lemak atau minyak mengental, akan menyebabkan saluran air mampet.

2. Ampas kopi

Sebelum Anda menuangkan sisa kopi ke saluran pembuangan, berhati-hatilah untuk menyendok dan membuang ampasnya terlebih dahulu.

Baca juga: Kreasi Desain Dapur Ukuran 2X2 Meter agar Lebih Cantik

Meskipun tidak ada banyak ampas tersisa, jika Anda memiliki kebiasaan menuangkannya ke saluran air di dapur setiap hari, itu bisa menumpuk. Selain itu, ada baiknya Anda memanfaatkan ampas kopi sebagai pupuk tanaman.

3. Obat-obatan

Saat Anda menuangkan obat ke saluran pembuangan, obat itu masuk dan mencemari air. Oleh karena itu, jangan membuang obat-obatan Anda ke dalam saluran pembuangan atau saluran air di dapur.

4. Produk pembersih

Untuk menghindari polusi air, jangan pernah menuangkan bahan kimia keras, seperti pemutih atau amonia, ke saluran pembuangan atau saluran air di dapur.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X