Kompas.com - 04/12/2020, 20:54 WIB
Tanaman rosemary yang memiliki banyak khasiat. ShutterstockTanaman rosemary yang memiliki banyak khasiat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Halaman rumah seringkali dihinggapi parasit dari luar yang mengganggu dan berbahaya.

Parasit eksternal dapat membawa dan menularkan penyakit ke manusia dan hewan. Meskipun tampaknya pestisida kimia adalah satu-satunya jawaban, Anda sebenarnya dapat beralih ke beberapa tanaman untuk mencegahnya.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Jumat (4/13/2020), seperti hama taman lainnya, kutu akan terganggu dengan tanaman yang memiliki bau tertentu.

Baca juga: Apa Kesulitan Merawat Tanaman Keladi?

Dengan menanam tanaman ini di kebun, Anda dapat mengurangi jumlah hama yang masuk ke halaman dan menghindari masalah kesehatan.

Apa saja tanaman tersebut?

1. Rosemary

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Banyak tanaman herbal wangi merupakan pilihan yang baik untuk pengusir kutu secara alami. Minyak esensial herbal sering digunakan dalam pengusir hama ramah lingkungan.

Rosemary memiliki aroma yang sangat kuat, sehingga Anda dapat menaburkan rantingnya di sekitar halaman untuk mencegah serangan hama. Tanaman ini juga mengusir kutu daun, tungau, dan lalat.

Baca juga: Simak, 5 Ide Menggantung Tanaman Hias

2. Artemisia

Apsintus atau wormwood, juga dikenal sebagai artemisia, adalah tanaman yang memiliki dedaunan warna perak yang lebat. Daunnya memiliki aroma dan mencegah kutu di kebun Anda.

Selain sebagai pengusir kutu dan ngengat, tanaman ini dapat digunakan untuk membuat teh dan merupakan bahan utama absinth.

3. Bawang putih

Bawang putih adalah bagian dari keluarga Allium dan telah digunakan di dapur selama berabad-abad. Kutu tidak menyukai bau dan rasa tanaman ini.

Anda dapat menyebarkan siung bawang putih yang telah dihancurkan di sekeliling halaman untuk mencegah kutu.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X