Kompas.com - 05/12/2020, 09:16 WIB
Ilustrasi memberikan pupuk pada tanaman. SHUTTERSTOCK/ENCIERROIlustrasi memberikan pupuk pada tanaman.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memberikan pupuk ke tanaman memang salah satu cara agar tanaman tumbuh subur.

Namun, pemberian pupuk ini tidak boleh berlebihan juga, karena dapat merusak atau bahkan mematikan tanaman.

Dilansir dari Gardening Know How, Sabtu (4/12/2020), pemupukan secara berlebihan dapat menyebabkan fertilizer burn, yakni pembakaran pupuk yang mengakibatkan daun tanaman terbakar atau hangus.

 

Baca juga: Cara Gunakan Pupuk NPK Mutiara 16-16-16 agar Aglonema Makin Berkilau

Selain karena pemberian pupuk secara berlebih, fertilizer burn terjadi karena pemberian pupuk pada dedaunan basah.

Pupuk mengandung garam yang menarik kelembaban dari tanaman, jika pemberian pupuk ini berlebih akan menyebabkan perubahan warna kuning atau coklat dan kerusakan akar.

Gejala terbakar ini dapat muncul dalam satu atau dua hari, bahkan beberapa minggu. Gejala lainnya berupa perubahan warna menguning, kecoklatan, dan layu.

Jika ditemukkan garis-garis putih, kuning, dan coklat yang mengikuti pola pemberian pupuk, hal ini adalah penyebab kelebihan dalam pupuk.

Baca juga: Mengenal Jenis Pupuk Organik dan Manfaatnya

Pencegahan

Agar tidak merusak tanaman, berilah pupuk sesuai dengan kebutuhannya. Sebab, dengan memberikan pupuk terlalu banyak pun tidak bisa membuat tanaman tumbuh dengan cepat.

Dengan memberikan pupuk dengan seimbang akan mengurangi kemungkinan terjadinya pembakaran pupuk pada tanaman, karena dapat melepaskan garam ke dalam tanah secara bertahap bukan sekaligus.

Selain itu, memupuk dengan kompos juga dapat menghilangkan risiko pembakaran pupuk.

 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X