Kompas.com - 16/04/2021, 09:36 WIB
Ilustrasi anggrek vanda. PIXABAY/AIDAHIlustrasi anggrek vanda.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah menanam anggrek tapi tidak kunjung berbunga? Mungkin hal ini dapat membuatmu merasa lelah, kecewa, atau penasaran.

Pada saat menanam anggrek, siapa pun pemiliknya pasti berharap anggrek yang mereka tanam bisa tumbuh subur dan berbunga, agar tampilannya semakin meluluhkan untuk dilihat.

Apabila anggrek milikmu yang sudah kamu rawat dan diberi berbagai macam pupuk tak kunjung jua berbunga, maka coba cara di bawah ini.

Baca juga: Apa Media Tanam Terbaik untuk Anggrek?

Dilihat dari kanal Youtube Fahrul-Fahrul, Jumat (16/4/2021), anggrek milikmu yang sulit subur dan berbunga bisa kamu siram dengan air cucian beras yang dicampurkan dengan bawang merah.

Penyiraman air bekas cucian beras yang dicampur bawang merah ke tanaman anggrek bertujuan untuk merangsang pertumbuhan, sehingga anggrek bisa mengeluarkan bunga.

Jika kamu tertarik untuk mencobanya, maka siapkan alat dan bahan dan sebagai berikut:

  • Gelas ukuran 200 ml
  • Ulekan
  • 2 siung bawang merah
  • Air cucian beras sekitar 2,5 liter dalam wadah

Baca juga: Ini Pupuk yang Digunakan agar Anggrek Rajin Berbunga

Cara pembuatan larutan air cucian beras dan bawang merah

1. Tumbuk 2 butir atau siung bawang merah menggunakan ulekan sampai hancur. Selain ditumbuk, kamu bisa memblender bawang merah.

2. Setelah bawang merah kamu tumbuk dan hancur, kamu remas bawang merah di air cucian beras, agar getah dari bawang merah bisa larut.

Untuk bawang merah yang diblender, kamu tidak perlu lagi meremas-remasnya di dalam air cucian beras. Langsung saja celupkan ke dalam air cucian beras.

Larutan air cucian beras dan bawang merah pun sudah siap untuk diaplikasikan ke tanaman anggrek milikmu yang tidak atau belum berbunga.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X