Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/04/2021, 11:23 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kutu kebul adalah salah satu hama serangga yang kerap mengganggu tanaman. Hama ini berbentuk menyerupai lalat berwarna putih atau transparan.

Kutu kebul memiliki tubuh lunak dan bersayap, serta berkerabat dekat dengan kutu daun dan kutu putih. Meski memiliki sayap dan mampu terbang, kutu kebul bukan termasuk jenis lalat.

Dilansir dari The Old Farmer's Almanac, Sabtu (3/4/2021), kutu kebul berukuran sangat kecil, berbentuk segitiga, dan sering ditemukan berkelompok atau bergerombol di bawah daun. Kutu kebul aktif di siang hari dan akan menyebar saat diganggu.

Baca juga: Mengenal Hama Kutu Kebul pada Tanaman dan Cara Membasminya

Kutu kebul dapat ditemukan pada berbagai tanaman, mulai dari tanaman hias, tanaman bunga, hingga tanaman sayuran, termasuk tomat, terong, paprika, hingga okra.

Kutu kebul juga bisa menyerang tanaman ubi jalar, kubis, hingga jeruk. Di dalam ruangan, kutu kebul akan menyerang tanaman hias dalam ruangan atau tanaman hias indoor, khususnya yang memiliki daun lembut dan halus.

Cara membasmi kutu kebul pada tanaman

Untuk membasmi kutu kebul, ada beberapa cara dan jebakan yang bisa Anda gunakan. Saat Anda mengecek tanaman, periksa bagian belakang daun untuk mencari telur kutu kebul atau perhatikan ketika ada serangga kecil terbang saat Anda mendekati tanaman.

Selalu mulailah dengan menyingkirkan kutu kebul dengan cara menyemprotnya dengan selang air atau botol semprot. Ini akan menyebabkan kutu kebul menyebar serta mengeluarkan nimfa dan telur sampai batas tertentu.

Baca juga: 5 Hama yang Sering Mengganggu Tanaman, Kutu Daun hingga Siput

Pertimbangkan untuk menyemprot daun tanaman Anda dengan sabun insektisida, mengikuti petunjuk pada kemasannya. Pastikan untuk menyemprot bagian bawah daun juga.

Lakukan ini sebanyak dua hingga tiga kali, bila perlu.

Semprotkan tanaman di malam hari ketika suhu lebih dingin, karena panas di siang hari dapat menyebabkan reaksi yang merugikan pada tanaman. Selain itu, penyemprotan di malam hari memungkinkan Anda menghindari penyemprotan penyerbuk atau serangga menguntungkan secara tidak sengaja.

Menurut National Gardening Association, campuran sederhana buatan sendiri dapat membantu mengendalikan dan mencegah kutu kebul, yakni sebagai berikut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com