Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/03/2021, 16:23 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kutu sisik adalah salah satu hama jenis kutu-kutuan yang bisa menyerang tanaman hias aglonema yang kamu miliki di rumah.

Ketika kutu sisik menempel di daun tanaman aglonema, hal ini tentu sangat menjengkelkan, karena menghalangi pancaran keindahan daun aglonema.

Kutu sisik sendiri merupakan hama yang bentuknya seperti lintah kecil, yang dapat melekat pada bagian daun maupun batang aglonema.

Baca juga: Aglonema Terserang Kutu Sisik? Basmi dengan 2 Bahan Ini

Apabila kutu sisik menyerang aglonema milikmu, hal itu bisa membuat daun tanaman berubah menjadi kuning, hingga mengakibatkan tanaman aglonema mati.

Oleh karena itu, kamu harus segera menyingkirkan hama kutu sisik pada tanaman aglonema milikmu ketika melihatnya.

Sebab, hama penyakit ini dianggap sangat menular dan sangat cepat penyebarannya, sehingga tidak boleh dibiarkan berlama-lama.

Cara untuk menangani aglonema yang diserang oleh hama kutu sisik itu cukup sederhana dan sangat bisa segera kamu lakukan, seperti yang dilihat dari kanal Youtube Flower Mix Manado, Selasa (09/03/2021).

Baca juga: Penyebab Busuk Akar pada Aglonema dan Cara Mencegahnya

Ciri-ciri tanaman aglonema diserang oleh hama kutu sisik adalah daunnya mulai menguning, lama-lama menyebar di seluruh daun dan batang, bahkan sampai nanti di akarnya.

Apabila daun aglonema yang telah diserang oleh kutu sisik sudah menguning maka kamu perlu memotong atau membuang daun tersebut.

Kutu sisik ini bentuknya kecil, seperti lintah yang ukurannya kecil dan menempel di belakang dan permukaan daun, di batang, maupun pelepahnya.

Cara menyingkirkan kutu sisik dari aglonema

Untuk menyingkirkan kutu sisik, kamu hanya perlu mengambil air yang sudah kamu berikan sedikit sabun pencuci piring dari beragam merek.

Larutkan sedikit saja cairan sabun pencuci piring ke dalam wadah berisi air, dan buat air dan sabun pencuci piring larut dan menghasilkan buih busa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com