Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/03/2021, 12:29 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam proses memelihara ikan cupang, memberi pakan atau makanan adalah sebuah kewajiban dan salah satu rutinitas bagi setiap orang yang memeliharanya.

Biasanya, kutu air atau biasa disingkat dengan sebutan kutir adalah pakan yang cukup umum untuk diberikan ke ikan cupang.

Jika kamu adalah seseorang yang kerap memberi ikan cupangmu pakan kutu air, maka kamu perlu memastikan betul bahwa kutu air yang kamu berikan bukanlah kutu air jet.

Baca juga: Berapa Lama Ikan Cupang Hidup? Ini Penjelasannya

Sebab, apabila kamu memberikan ikan cupangmu pakan kutu air jet, baik itu tidak sengaja karena tidak tahu, maka hal itu sangat berbahaya.

Dilihat dari kanal Youtube Cupang Kampung, Selasa (09/03/2021), kutu air jet merupakan salah satu jenis kutu air yang bisa merugikan untuk para pehobi ikan cupang.

Padahal, jenis kutu air yang baik untuk dijadikan sebagai pakan untuk ikan cupang adalah kutu air moina.

Ketika kamu melakukan budidaya kutu air moina untuk dijadikan sebagai stok pakan ikan cupang, maka berhati-hatilah agar tidak tercampur dengan kutu air jet yang biasanya memang kerap mencampur dengan kutu air jenis lainnya.

Baca juga: Tak Sulit, Begini Cara Membuat Warna Ikan Cupang Menjadi Cerah

Saat kutu air moina yang kamu budidayakan tercampur dengan kutu air jet, lama-kelamaan kutu air jet mendominasi karena mereka memakan kutu air moina yang kamu budidaya.

Oleh karena itu, ketika kamu tidak sadar bahwa kutu air moina yang kamu budidayakan untuk pakan ikan cupang berubah menjadi kutu air jet, maka sangat berbahaya apabila dimakan oleh ikan cupang.

Saat kutu air jet dijadikan atau diberikan sebagai pakan untuk ikan cupang, hal itu akan menyebabkan ikan cupang mengalami sakit yang beragam, umumnya terdapat permasalah di perut atau pencernaan.

Lebih parahnya lagi, apabila kutu air jet diberikan kepada burayak atau anakan ikan cupang, itu bisa menyebabkan burayak mati.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com