Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/12/2023, 13:35 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perayaan Natal tinggal hituangan hari. Masih ada kesempatan Anda memasang pohon Natal dan mendekorasi rumah apabila belum melakukannya. 

Menghias pohon Natal bersifat subyektif. Beberapa orang lebih menyukai skema sederhana, sementara lainnya memilih bermain warna, dekorasi ceria, dan tampilan lebih meriah serta banyak.  

Baca juga: Berapa Jumlah Lampu Natal yang Dibutuhkan untuk Mendekorasi Rumah?

Apapun cara yang Anda pilih untuk menghias pohon Natal, sebaiknya memikirkan bagaimana ide dekorasi Natal dapat mempromosikan tampilan mempesona dan tampak elegan. 

Nah, dikutip dari Homes and Gardens, Senin (18/12/2023), berikut cara membuat pohon Natal terlihat mewah dan tak lekang oleh waktu. 

Pilih lampu putih yang hangat 

Ilustrasi pohon Natal berwarna putihShutterstock/DMITRII SIMAKOV Ilustrasi pohon Natal berwarna putih
Jika ingin pohon Natal terlihat lebih mahal, memilih lampu Natal berwarna putih klasik adalah sebuah keharusan.

Meski lampu multi-warna dapat terlihat menyenangkan, tapi juga dapat menghasilkan tampilan kurang abadi.

Pastikan juga memperhatikan kehangatan lampu putih. Lampu putih dengan warna dingin dapat terlihat biru yang bukan merupakan warna paling bagus untuk pohon Natal serta dapat memantulkan kesan dingin dan mencolok di seluruh ruangan.

Sebagai gantinya, pilih lampu putih dengan warna hangat yang akan menghasilkan suasana nyaman dan menenangkan di dalam rumah. 

Baca juga: 8 Ide Dekorasi Natal Maksimalis yang Meriah dan Penuh Warna

Tetap berpegang pada skema warna 

Selanjutnya, cara membuat pohon Natal terlihat mewah adalah tetap berpegang pada skema warna. Memilih skema warna untuk dekorasi pohon Natal adalah langkah penting jika ingin mendapatkan tampilan seimbang yang terlihat anggun dan mahal.

Marzia Dainelli, desainer interior dan salah satu pendiri Dainelli Studio, mengatakan pilihlah paling banyak dua warna, sebaiknya satu warna netral dan satu warna. 

Warna yang dipilih tergantung pada selera Anda. Ada yang lebih suka kombinasi klasik, seperti merah dan emas. Namun, Anda juga bisa memilih ide dekorasi Natal modern dengan warna-warna yang dingin, seperti putih. 

Apapun warna yang dipilih, menentukan skema dua atau tiga warna akan menghasilkan tampilan kohesif dan seimbang, yang penting untuk mendapatkan kesan mewah. 

Baca juga: 5 Cara Mendekorasi Dapur untuk Menyambut Natal, Meriah dan Nyaman

Memilih ornamen yang tak lekang oleh waktu 

Ilustrasi dekorasi Natal yang mewah dan pohon Natal.Shutterstock/NatalyP Ilustrasi dekorasi Natal yang mewah dan pohon Natal.
Kunci menciptakan pohon Natal yang terlihat mahal adalah memilih ornamen yang tak lekang oleh waktu. Ini tidak berarti hanya membeli ornamen yang mahal, tetapi lebih pada mempertimbangkan tampilan dan nuansa ornamen secara keseluruhan.

Ini adalah tentang memilih dekorasi yang klasik daripada tren yang mungkin tidak akan mempertahankan daya tariknya untuk tahun-tahun mendatang.

Anda juga bisa bereksperimen dengan ide dekorasi Natal DIY untuk dekorasi yang akan terlihat organik, menambah kedalaman pada keseluruhan tampilan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com