Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/12/2023, 17:48 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut perayaan Natal, hampir semua bagian dan permukanna rumah mendapat perhatian demi tampil sempurna.

Biasanya, ruang keluarga, ruang tamu, pintu depan rumah, pintu masuk, dan ruang makan mendapat perhatian lebih dalam dekorasi. Ruangan-ruangan tersebut dihiasi berbagai dekorasi Natal, dari pohon Natal, lampu Natal, dan rumbai-rumbai. 

Baca juga: Lampu Natal LED Vs Lampu Pijar, Mana yang Lebih Baik? 

Ada satu ruangan yang kerap terlupakan di dekorasi, padahal juga menjadi ruang berkumpul bersama keluarga, yakni dapur

Seperti diketahui, dapur adalah jantung sebuah rumah, termasuk saat Natal. Karena itu, layak didekorasi untuk menyambut perayaan Natal. 

Di dapur, para tamu akan berkumpul untuk makan dan minum serta bersantai saat Anda menyiapkan dan memasak. 

Jadi, perkirakanlah penggunaan dapur yang padat di sepanjang tahun ini dan dekorasi semenarik mungkin. Tambahkan beberapa sentuhan meriah di dapur. 

Mendekorasi dapur untuk Natal harus dipikirkan dengan matang karena Anda harus dapat menggunakan semua ruang dan bergerak di sekitarnya dengan nyaman. Ini adalah keseimbangan antara estetika dan kepraktisan. 

Disadur dari Homes and Gardens, Jumat (15/12/2023), berikut cara mendekorasi dapur untuk menyambut Natal. 

Baca juga: Cara Menggantung Karangan Bunga Natal Tanpa Merusak Dinding

Ubah pencahayaan dapur menjadi dekorasi

Ilustrasi dapur dengan dekorasi Natal.Shutterstock/Stanislaw Mikulski Ilustrasi dapur dengan dekorasi Natal.

Marie Flanigan, desain interior, mengatakan dapur adalah tempat pertama berkumpul keluarga sehingg perlu memastikan dapur terasa meriah saat Natal dan liburan nanti. 

Beberapa cara termudah mendekorasi dapur adalah menambahkan pita atau tanaman hijau pada lampu gantung. 

"Isi wadah dengan tanaman hijau, buah beri, dan batang yang terinspirasi dari liburan. Saya juga mengisi mangkuk buah dengan buah berwarna liburan, seperti delima dan jeruk," ucap Marie. 

Ganti aksesori 

Mengganti serbet dan sarung tangan oven untuk liburan terdengar klise, tapi ini adalah cara  sangat sederhana dan praktis untuk menghadirkan beberapa warna serta motif meriah di dapur.

Serbet kotak-kotak yang indah atau garis-garis dapat menyuntikkan nuansa meriah. Ini juga bisa menjadi sesuatu yang Anda lakukan pada awal musim liburan sebelum benar-benar berkomitmen pada dekorasi yang benar-benar bernuansa Natal.

Victoria Holly, Pemimpin dan pendiri Victoria Holly Interiors & The Holly Collective di Los Angeles, Amerika Serikat, mengatakan untuk membuat dapur terasa lebih meriah dan bernuansa Natal, gantilah serbet dapur biasa dengan sesuatu yang lebih bertema liburan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com