Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Mendekorasi Dapur untuk Menyambut Natal, Meriah dan Nyaman

Biasanya, ruang keluarga, ruang tamu, pintu depan rumah, pintu masuk, dan ruang makan mendapat perhatian lebih dalam dekorasi. Ruangan-ruangan tersebut dihiasi berbagai dekorasi Natal, dari pohon Natal, lampu Natal, dan rumbai-rumbai. 

Ada satu ruangan yang kerap terlupakan di dekorasi, padahal juga menjadi ruang berkumpul bersama keluarga, yakni dapur. 

Seperti diketahui, dapur adalah jantung sebuah rumah, termasuk saat Natal. Karena itu, layak didekorasi untuk menyambut perayaan Natal. 

Di dapur, para tamu akan berkumpul untuk makan dan minum serta bersantai saat Anda menyiapkan dan memasak. 

Jadi, perkirakanlah penggunaan dapur yang padat di sepanjang tahun ini dan dekorasi semenarik mungkin. Tambahkan beberapa sentuhan meriah di dapur. 

Mendekorasi dapur untuk Natal harus dipikirkan dengan matang karena Anda harus dapat menggunakan semua ruang dan bergerak di sekitarnya dengan nyaman. Ini adalah keseimbangan antara estetika dan kepraktisan. 

Disadur dari Homes and Gardens, Jumat (15/12/2023), berikut cara mendekorasi dapur untuk menyambut Natal. 

Marie Flanigan, desain interior, mengatakan dapur adalah tempat pertama berkumpul keluarga sehingg perlu memastikan dapur terasa meriah saat Natal dan liburan nanti. 

Beberapa cara termudah mendekorasi dapur adalah menambahkan pita atau tanaman hijau pada lampu gantung. 

"Isi wadah dengan tanaman hijau, buah beri, dan batang yang terinspirasi dari liburan. Saya juga mengisi mangkuk buah dengan buah berwarna liburan, seperti delima dan jeruk," ucap Marie. 

Ganti aksesori 

Mengganti serbet dan sarung tangan oven untuk liburan terdengar klise, tapi ini adalah cara  sangat sederhana dan praktis untuk menghadirkan beberapa warna serta motif meriah di dapur.

Serbet kotak-kotak yang indah atau garis-garis dapat menyuntikkan nuansa meriah. Ini juga bisa menjadi sesuatu yang Anda lakukan pada awal musim liburan sebelum benar-benar berkomitmen pada dekorasi yang benar-benar bernuansa Natal.

Victoria Holly, Pemimpin dan pendiri Victoria Holly Interiors & The Holly Collective di Los Angeles, Amerika Serikat, mengatakan untuk membuat dapur terasa lebih meriah dan bernuansa Natal, gantilah serbet dapur biasa dengan sesuatu yang lebih bertema liburan. 

Letakkan lilin Natal beraroma dengan wewangian liburan di atas meja dapur. Aroma seperti kayu manis, pinus, atau roti jahe adalah cara mendekorasi dapur untuk menyambut Natal serta menanamkan semangat liburan. 

Hiasi dengan banyak pohon cemara 

Pohon cemara bisa menjadi cara gratis mendekorasi dapur untuk Natal. Pergilah ke halaman belakang rumah Anda dan lihatlah apa saja yang masih hijau yang bisa Anda selamatkan untuk menghias rak atau membuat pajangan besar untuk menciptakan pusat Natal dengan dedaunan.

Kathy Kuo, desainer interior dan CEO Kathy Kuo Home, menjelaskan lebih menyukai pendekatan cukup halus saat mendekorasi dapur untuk menyambut Natal. 

"Saya suka memulai dengan vas yang meriah dengan warna netral hangat beraksen emas atau merah marun, lalu mengisinya dengan ranting pohon cemara musiman dan ranting pohon musim dingin," ucap Kathy.  

Pastikan warna tersebut dapat menciptakan suasana yang sama di bagian lain di rumah Anda. Selain itu, pikirkan juga bagaimana Anda menggunakan ruang tersebut.

Sebagai contoh, jika kitchen island selalu digunakan, itu bukan tempat terbaik mendekorasinya. Jadi, carilah tempat untuk menggantung barang di atasnya atau menghias rak dapur yang berada di atas dan tidak mengganggu.

Waktu paling indah dalam setahun memberikan alasan sempurna untuk menyuntikkan kilau dan kemewahan ke dapur," tambah desainer interior, Eleanor Taylor-Roberts. 

Meski saat ini estetika berlebihan dipuji, disarankan mengikuti skema warna yang lebih kecil untuk menjaga dekorasi lebih halus di dapur.  

Gantungkan karangan bunga di tempat yang berdampak 

Terakhir, cara mendekorasi dapur untuk menyambut Natal adalah menggantung arangan bunga di tempat yang berdampak.

Karangan bunga langsung memberikan nuansa Natal pada dapur dan terlihat indah digantung di atas mantel atau di atas kompor di dapur untuk menambah kemeriahan.

Kami menyukai ide pohon Natal di dapur, tapi pohon Natal memakan banyak ruang. Jadi, itu tidak selalu menjadi keputusan paling praktis, tapi karangan bunga tidak memakan banyak tempat di lantai dan tetap memberikan titik fokus Natal.

Anda juga bisa menggunakan karangan bunga Natal untuk membuat pusat perhatian di kitchen island, seperti disarankan Chrissie Rucker, pendiri The White Company.

"Di kitchen island, saya meletakkan karangan bunga dan mengisinya dengan lilin pilar tinggi atau lentera badai." 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/12/15/174800176/5-cara-mendekorasi-dapur-untuk-menyambut-natal-meriah-dan-nyaman-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke