Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Dapur Bergaya Mediterania yang Menawan

Kompas.com - 17/04/2024, 13:26 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur bergaya Mediterania banyak disukai karena memberikan kesan hangat dan nyaman. Tak hanya itu, dapur Mediterania juga bisa membuat rumah terlihat lebih estetik. 

Setiap gaya rumah bisa menggunakan elemen desain dapur Mediterania, sehingga membuat dapur Mediterania bukanlah hal yang sulit. 

Dilansir dari Homes and Gardens, Rabu (17/4/2024), berikut beberapa ide dapur bergaya Mediterania yang cantik dan menawan. 

Baca juga: 6 Ide Interior Rumah Bergaya Mediterania yang Estetik

Menggunakan ubin terakota

ilustrasi ubin terakota di dapur bergaya MediteraniaShutterstock/Mike Higginson ilustrasi ubin terakota di dapur bergaya Mediterania

Material dapur memerankan peran besar untuk membuat dapur Mediterania terlihat menarik. Salah satu bahan yang cocok untuk dapur Mediterania yaitu ubin terakota. 

Ubin ini bisa dipasang di lantai yang membuat tampilan dapur terlihat lebih memesona. David Lucido, seorang desainer interior profesional, mengatakan bahwa lantai terakota cocok dipadukan dengan lemari marmer dan bahan alami seperti rotan dan kayu. 

Perpaduan bahan organik dan warna netral yang hangat cocok untuk dapur bergaya Mediterania yang membuat dapur semakin nyaman. 

Baca juga: Ketahui Lebih Jauh Ubin Terakota, Bikin Lantai Rumah Adem

Tampilkan desain Yunani

Yunani merupakan salah satu wilayah di laut Mediterania yang memiliki desain bangunan menawan berwarna putih dengan atap biru. 

Desain Yunani bisa menjadi salah satu ide dapur bergaya Mediterania yang cantik. Maria Chatzistavrou dari Lime Deco, mengatakan bahwa bangunan bergaya Yunani warna putih bisa menjadi inspirasi untuk dapur Mediterania. 

Padukan desain Yunani dengan tekstur alami yang membuat tampilan ruangan terlihat lebih indah. Jangan ragu untuk menambahkan elemen warna untuk membangkitkan rasa bahagia di dapur Mediterania. 

Baca juga: 8 Ide Mendekorasi Kamar Tidur Bergaya Mediterania

Hias dapur dengan warna yang bersahaja

Dapur bergaya Mediterania terkenal dengan kehangatannya. Salah satu cara untuk menghadirkan kesan hangat di dapur Mediterania yaitu dengan menghias dapur menggunakan warna yang bersahaja seperti cokelat dan kuning keemasan. 

Tak hanya memberikan kehangatan, warna yang bersahaja juga bisa memberikan kesan bahagia dan semangat. 

Gunakan dekorasi vintage

Ilustrasi dapurSHUTTERSTOCK/LILOON Ilustrasi dapur

Dekorasi bergaya vintage bisa digunakan untuk memperindah dapur bergaya Mediterania. Dekorasi vintage yang bisa digunakan seperti talenan usang, karya seni vintage, dan pot terakota. 

Dekorasi vintage tak hanya membuat dapur lebih cantik, namun juga membuat dapur terasa lebih nyaman.

Baca juga: 7 Ide Mendekorasi Ruangan Bergaya Vintage

Tampilkan detail tradisional

Terakhir, ide dapur bergaya Mediterania yaitu menampilkan detail tradisional. Misalnya dengan menampilkan cetakan plester dekoratif di sekitar langit-langit dapur. 

Arsitek dan desainer interior Jerry Jacobs, mengatakan desain melengkung juga bisa ditampilkan pada dapur Mediterania yang membuat dapur ini terlihat semakin estetik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com