Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/02/2024, 14:52 WIB
Sasha Andini,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com – Bicara tentang vintage, hal pertama yang kerap terbesit dalam pikiran sebagian orang adalah sesuatu yang kuno atau jadul.

Namun, kuno atau jadul bukan berarti ketinggalan zaman. Karena nyatanya, gaya vintage terus kembali popular, khususnya dalam desain interior. 

Baca juga: 6 Ide Kamar Tidur Vintage yang Cantik dan Nyaman

Gaya vintage lekat dengan ciri khas penggunaan furnitur yang populer pada pertengahan abad ke-20, tepatnya sekitar pada 1930-1970.

Gaya vintage memberikan kesan hangat, elegan, dan unik, yang membuat banyak orang menerapkannya di rumah. 

Selain itu, gaya vintage mudah dipadukan dengan gaya interior lain, seperti rustic (perdesaan), industrial, maupun modern. Hal tersebut menjadikan ruangan terlihat lebih autentik.

Apabila menerapkan gaya interior ini di rumah Anda, berikut 15 ide mendekorasi ruangan bergaya vintage dilansir dari The Spruce, Selasa (27/2/2024). 

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Dapur Vintage yang Tak Lekang oleh Waktu

Mid-century modern momen

Ilustrasi ruang tamu kecil bergaya vintage.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi ruang tamu kecil bergaya vintage.
Referensi pertama menciptakan ruangan bergaya vintage adalah mengadopsi gaya funitur yang sempat eksis pada pertengahan abad ke-20 (Mid-century), tepatnya dalam rentang  1930-1970.

Era ini memiliki ciri khas furnitir yang terbuat dari bahan kayu solid atau baja. Selain itu, beberapa furnitur, seperti sofa dan meja didesain dengan bentuk kaki pendek untuk menciptakan kesan modern serta minimalis.

Anda dapat mengombinasikan furnitur-furnitur tersebut dengan warna cat dinding cerah, seperti merah, kuning, oranye, atau biru. 

Baca juga: 6 Tren Lantai Vintage yang Kembali Populer di 2024 

Karpet warna-warni 

Selanjutnya, ide mendekorasi ruangan bergaya vintage adalah menggunakan karpet warna-warni. Warna karpet dapat menciptakan skema warna dan kesan nyaman pada ruanga. 

Anda dapat bereksperimen menggunakan warna-warna yang tidak biasa dengan karpet warna-warni. 

Untuk memadukan karpet, gunakan warna cat netral pada dinding, seperti cream atau broken white. Karpet yang penuh warna akan membuat ruangan terlihat ekstentrik.

 

Gunakan material velvet 

Ilustrasi sofa biru.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi sofa biru.
Material velvet atau beludru dapat memberikan kesan vintage di rumah. Material velvet juga dikenal mewah, yang sesuai dengan gaya vintage. 

Misalnya, menggunakan sofa velvet atau gorden beludru. Anda dapat memadukan ornament-ornamen boho yang diperoleh di toko barang bekas dengan material velvet

Baca juga: 6 Cara Menciptakan Dapur Vintage, Bikin Suasana Makan Jadi Hangat

Padukan kursi 

Ide mendekorasi ruangan bergaya vintage berikutnya adalah memadukan kursi di ruang tamu. Kursi menjadi barang wajib yang harus ada di ruang tamu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com