Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Tips Menanam Selada di Dalam Ruangan dengan Mudah

Kompas.com - 26/02/2024, 13:50 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Selada menjadi salah satu sayuran yang banyak disukai. Sayuran hijau ini memiliki rasa yang enak dengan tekstur renyah.

Selain rasanya yang enak, selada juga mudah ditanam. Bahkan, selada bisa ditanam di dalam ruangan menggunakan pot.

Baca juga: Cara Menanam Selada Hidroponik agar Tumbuh Subur

Namun, pastikan kondisi lingkungan sesuai dengan syarat tumbuh tanaman selada. Jangan lupa untuk melakukan perawatan dengan rutin agar tanaman selada bisa tumbuh dengan baik dan panennya maksimal.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Senin (26/2/2024), berikut ini tips menanam selada di dalam ruangan dengan benar.

Memilih ruangan yang sesuai dengan kebutuhan selada

ilustrasi menanam seladaShutterstock/woaiss ilustrasi menanam selada

Langkah pertama yang perlu dilakukan saat hendak menanam selada di dalam ruangan yaitu memilih ruangan yang sesuai dengan syarat tumbuh selada.

Pilihlah ruangan yang paling cerah dan mendapatkan pencahayaan alami setidaknya enam jam dalam sehari. Pilih area di dekat jendela yang menghadap ke selatan karena biasanya penyinaran di area tersebut melimpah.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Menanam Selada di Pekarangan Rumah

Namun perlu diingat bahwa tanaman selada tidak boleh diletakkan di bawah sinar matahari langsung, terutama saat musim kemarau karena bisa membuat daun terbakar.

Apabila tidak memiliki cukup cahaya alami, maka pasanglah lampu tanam yang dibuat khusus untuk berkebun di dalam ruangan.

Menyesuaikan suhu di dalam ruangan

Selain pencahayaan, hal lain yang juga perlu dipertimbangkan saat hendak menanam selada di dalam ruangan yaitu memperhatikan suhu di lingkungan tersebut. Selada cenderung menyukai suhu dingin dibandingkan suhu panas.

Di dalam ruangan, benih selada akan berkecambah pada suhu 12 hingga 18 derajat Celcius. Setelah benih tumbuh menjadi tanaman muda, suhu udara harus diatur sedemikian rupa hingga mencapai angka 10 sampai 15 derajat Celcius.

Baca juga: Cara Menanam Selada di Halaman Rumah, Bisa Panen dalam 40 Hari

Memilih wadah tanam yang tepat

Tips menanam selada di dalam ruangan selanjutnya yaitu memilih wadah tanam yang tepat. Selada memiliki sistem akar yang dangkal, sehingga bisa tumbuh di dalam wadah berukuran sedang.

Tak hanya itu, pot atau wadah tanam yang digunakan juga harus memiliki lubang drainase agar air penyiraman tidak menggenang dan membuat akar selada busuk.

Menyiapkan media tanam yang subur

Media tanam yang subur dan gembur akan membuat tanaman selada tumbuh dengan baik. Media tanam untuk selada bisa dibuat dari campuran tanah, kompos, perlit, dan pasir kasar dengan perbandingan yang sama.

Baca juga: 3 Cara Membuat Media Tanam yang Subur

Memilih benih selada berkualitas

Ilustrasi daun seladaSHUTTERSTOCK/PORMEZZ Ilustrasi daun selada

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com