Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/02/2024, 16:18 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah bau apak merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi pemilik rumah. Bau apak tentu sangat mengganggu dan membuat rumah teras kurang nyaman. 

Maka dari itu, bau apak di dalam rumah harus segera di atasi. Robin Murphy dari Chirp Chirp Cleaning, mengatakan bahwa mengatasi bau apak di rumah sangat penting untuk menjaga rumah tetap nyaman, sehat, dan memperpanjang umur pakai hunian tersebut. 

Baca juga: Penyebab Bau Apak di Rumah dan Cara Menghilangkannya

Namun, sebelum menghilangkan bau apak di rumah, cari tahu terlebih dahulu penyebab bau tak sedap tersebut. 

Dilansir dari Real Simple, Senin (26/2/2024), berikut ini penyebab rumah bau apak dan cara mengatasinya yang penting untuk diketahui. 

Karpet kotor

Ilustrasi membersihkan karpet agar tidak bau apakSHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi membersihkan karpet agar tidak bau apak

Karpet merupakan perlengkapan rumah yang membuat rumah terasa lebih hangat dan nyaman. Namun, karpet bisa menyerap kotoran dan debu yang menyebabkan rumah bau apak

Baca juga: Cara Mengatasi Bau Apak di Rumah, Bikin Suasana Lebaran Jadi Harum

Jika tidak ingin hal ini terjadi, maka sebaiknya rutin untuk membersihkan karpet di rumah. Murphy bahkan menyarankan untuk menyedot debu secara rutin dan melakukan pembersihan secara mendalam. 

Akan tetapi, apabila karpet sudah terlalu tua, maka sebaiknya lepaskan dan ganti karpet dengan yang baru.

Ventilasi udara tidak memadai

Menurut Murphy, salah satu penyebab rumah bau apak yaitu ventilasi udara yang tidak memadai. Apabila ventilasi udara tidak memadai, maka udara segar menjadi terbatas dan kondisi dalam rumah terasa pengap. 

Baca juga: Cara Membasmi Bau Apak dari Pakaian dengan Cuka dan Baking Soda

Sementara itu, Myco Momplaisir, pemilik Super Maids mengatakan saat udara dalam ruangan tidak bergerak dan kelembapan terperangkap di suatu tempat, maka akan menghasilkan bau. 

Momplaisir mengatakan cara termudah untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan meningkatkan sirkulasi dan memberikan udara di ruangan. 

Apabila memiliki jendela, maka sebaiknya buka jendela tersebut. Jika ada kipas angin, maka kipas angin bisa dinyalakan untuk menghilangkan bau apak di rumah. 

Sementara itu, di ruangan sempit dan tertutup seperti kamar mandi, bau apak bisa dihilangkan dengan meletakkan produk khusus yang bisa menyerap lembap. 

Namun penting untuk diingat bahwa bau apak tidak bisa diatasi dengan pengharum ruangan. Sebab, pengharum ruangan hanya menutupi bau sementara dan bisa menyebabkan poluasi udara di dalam ruangan. 

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bau Apak dari Lemari Pakaian

Kebocoran

ilustrasi atap bocorShutterstock/New Africa ilustrasi atap bocor

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com