Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan dan Mencegah Bau Apak pada Lemari

Kompas.com - 02/09/2022, 16:11 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemari dapat dengan mudah mengalami bau apak yang berasal dari kelembapan di dalamnya. 

Erin Laine, pemilik Resurrect Wood Refinishing di Edgewood, Florida, Amerika Serikat, menjelaskan ada banyak hal yang dapat menyebabkan bau apak pada lemari, tapi penyebab utama dan umum terjadi adalah kelembapan. 

Baca juga: 8 Cara Membersihkan Lemari Dapur agar Terlihat Seperti Baru

"Karena kayu itu organik dan memiliki butir (serat kecil dari kayu), mereka bereaksi terhadap kelembapan yang meluas dan menyusut dengan suhu serta kelembapan," ucapnya dilansir dari Southern Living, Jumat (2/9/2022).

Menurut Laine, bau apek bisa muncul dari uap air yang terperangkap dala serat kayu dan belum bisa mengering sehingga menyebabkan tumbuhnya bakteri atau jamur.

Anehnya, usia lemari bukan penyebab bau apek. "Usia lemari tidak banyak berpengaruh pada bau. Jika kayu benar-benar kering, seharusnya tidak memiliki bau apak," kata Laine.  

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau di Lemari Dapur 

Tips menghilangkan bau apak dari lemari 

Ilustrasi lemari pakaian, ilustrasi pintu lemari geserShutterstock/Ilija Erceg Ilustrasi lemari pakaian, ilustrasi pintu lemari geser
Ada beberapa langkah mengatasi masalah ini. Pertama, mencari kelembapan di dalam lemari.

"Ini bisa berupa tumpahan, kebocoran saluran air dari kulkas atau wastafel, atau sumber kelembapan lainnya. Sembilan dari sepuluh, ada kelembapan yang datang dari suatu tempat," jelas Laine.

Setelah menghilangkan kebocoran atau sumber air, selanjutnya adalah memastikan tidak ada jamur yang aktif. "Saya sarankan menggunakan senter dan mencari spora atau menyewa seorang ahli untuk memeriksanya," ujarnya. 

Jika tidak ada jamur aktif, pertama-tama disarankan memasukkan udara kering ke lemari. Gunakan beberapa kipas untuk membuat udara bersirkulasi selama mengeringkan lemari. 

Langkah ini bisa memakan waktu beberapa hari dan Anda harus memastikan membiarkan lemari tetap terbuka. 

Baca juga: 5 Kesalahan yang Sering Terjadi saat Menata Lemari Dapur 

Cara mencegah bau apak pada lemari 

Ilustrasi lemari dapur, kabinet dapur, ilustrasi cooker hood, Ilustrasi range hood atau penyedot asap dapur.PIXABAY/MIKE GATTORNA Ilustrasi lemari dapur, kabinet dapur, ilustrasi cooker hood, Ilustrasi range hood atau penyedot asap dapur.
Untuk menghindari bau apek pada lemari, Anda harus benar-benar menghindari kelembapan agar tidak terperangkap.

"Apa pun yang Anda lakukan jangan menyemprotkan pengharum ruangan atau produk beraroma lainnya di dalam lemari," Laine memperingatkan.

Menambahkan kelembapan hanya akan memperburuknya. Setelah lemari benar-benar kering, Anda dapat mengganti kertas rak atau menggunakan produk beraroma kering lainnya untuk membantu menutupi bau yang tersisa. 

Baca juga: 4 Tips Memilih Kombinasi Lantai dan Lemari Dapur yang Nyaman 

Saatnya mengganti lemari dapur 

Jika ada kelembapan yang signifikan lebih dari 30 persen dari veneer atau panel di sebagian besar lemari, sangat sulit mengembalikannya hingga benar-benar kering.

Menurut Laine, kondisi ini dapat membuat struktur MDF atau kayu lapis agak terganggu, tetapi itu biasanya hanya dalam kasus-kasus ekstrem. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com