Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Cara Menghilangkan Bau Apak pada Lemari Dapur

Kompas.com - 24/04/2022, 11:17 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bau apek di dalam lemari atau kabinet dapur menjadi masalah yang mengganggu karena bisa membuat peralatan makan yang disimpan di dalamnya ikut berbau.

Untuk menghilangkan bau apek pada lemari dapur secara menyeluruh, langkah awal adalah mengeluarkan semua barang dari sehingga memudahkan membersihkannya. Setelah itu, mencuci peralatan makan yang terkena bau.  

Baca juga: 7 Tips Mengatur Lemari Dapur agar Rapi dan Tertata

Namun, dilansir dari Home Guides SF Gate, Minggu (24/4/2022), jika bau apak terus muncul di lemari dapur, bisa disebabkan adanya masalah kelembapan di dalamnya. Berikut cara menghilangkan bau apak pada lemari dapur. 

Inspeksi kosong 

Ilustrasi kabinet dapurUnsplash/Clayton Ilustrasi kabinet dapur
Singkirkan segala sesuatu dari lemari yang pengap, termasuk kertas atau pelapis yang melapisi rak dan dinding, untuk mengetahui sumber bau apek. 

Baca juga: Simak, 3 Langkah Mudah Merapikan Lemari Dapur

Menghilangkan bau

Udara segar dan kering membantu menghilangkan kelembapan yang sebagian bertanggung jawab atas bau apek. Jika dapur berada di luar rumah, letakkan lamari di luar di area yang cerah untuk mengeringkannya sepenuhnya selama beberapa hari. 

Sementara itu, bila lemari dapur berada di dalam rumah, bau apek berarti muncul karena ruangan terlalu lembap. Untuk mengatasinya, jalankan dehumidifier atau AC, buka jendela, dan menyalakan kipas angin guna menghilangkan kelembapan. 

Kondisi pengap biasanya tidak terjadi dalam semalam, jadi buka jendela dapur secara teratur agar udara tetap segar. 

Selain itu, kebocoran di belakang lemari dapur dapat menyebabkan kelembapan dan pengap. Jika melihat adanya kayu basah dan tidak ada sumber kelembapan potensial selain pipa, hubungi tukang ledeng profesional untuk menilai situasinya. 

Baca juga: 6 Cara Mengusir Tikus yang Sembunyi di Lemari Dapur

Bersihkan bau 

Ilustrasi dapur modular, ilustrasi kabinet dapur. Unsplash/Sidekix Media Ilustrasi dapur modular, ilustrasi kabinet dapur.
Jika melihat bintik-bintik kecil di dalam lemari dapur, ini mungkin adanya jamur atau lumut. Bersihkan noda dengan sikat, kenakan masker untuk menghindari menghirup spora jamur, dan ganti filter penyedot debu setelahnya. 

Bersihkan atau seka semua bagian dalam dan luar setiap lemari dapur dengan sabun cuci piring ringan yang dicampur air hangat menggunakan kain lembut atau spons.

Lap permukaan lemari dapur kembali dengan kain yang dicelupkan ke dalam cuka dan air dengan perbandingan sama untuk membantu menghilangkan bau dan sisa sabun. Biarkan pintu lemari tetap terbuka dan nyalakan kipas angin atau dehumidifier untuk membantu mengeringkannya sepenuhnya. 

Baca juga: 3 Cara Mencegah Jamur Muncul di Lemari Pakaian

Atasi bau yang sangat parah 

Jika lemari masih sedikit berbau setelah dibersihkan, masukkan mangkuk berisi cuka semalaman untuk membantu menghilangkan baunya. 

Bisa pula memasukkan semangkuk biji kopi atau baking soda untuk membantu menyerap bau. Biarkan di lemari dapur selama beberapa minggu. 

Bersihkan semua barang yang ada di setiap lemari dapur untuk menghilangkan bau yang tertinggal. Barang-barang kering seperti paket makanan dan bumbu yang berbau apek sebaiknya dibuang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com