Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan AC di Kamar Tidur

Kompas.com - 24/04/2022, 09:35 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendapatkan tidur yang nyenyak saat cuaca sedang panas merupakan hal sulit.

Untuk mendapat kenyaman saat tidur, pastikan kamar tidur dalam keadaan sejuk atau dingin. Salah satu cara mendapatkannya adalah memasang AC di kamar tidur.

Namun, dilansir dari H&H Air Conditioning, Minggu (24/4/2022), saat menggunakan AC di kamar tidur, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti berikut ini. 

Baca juga: Simak, 6 Faktor yang Memengaruhi Cara Kerja AC di Ruangan

Ukuran yang tepat

Ilustrasi AC. Shutterstock/evrymmnt Ilustrasi AC.
Untuk mendinginkan kamar tidur secara efektif, menggunakan unit AC yang lebih kecil biasanya sudah cukup.

Namun, semua itu tergantung pada ukuran kamar tidur. Hindari menggunakan AC terlalu besar di ruang ecil atau AC kecil di ruangan besar karena akan menghabiskan banyak biaya listrik

Sistem AC yang tenang

Selain ukuran yang tepat, ketenangan unit AC sangat penting diperhatikan. Ini biasanya diukur dalam desibel dan semua AC baru menampilkan ini sebagai tingkat daya suara. Semakin tinggi angkanya, semakin keras suara AC saat digunakan. 

Baca juga: Hemat Tagihan Listrik, Ini 6 Cara Membuat AC Bekerja Lebih Sedikit

Penempatan unit AC 

Unit AC di kamar tidur idealnya ditempatkan di kiri atau kanan salah satu sisi tempat tidur daripada tepat di atas kepala tempat tidur atau di bawah tempat tidur.

Hal ini untuk mencegah udara dingin langsung masuk ke tubuh saat tidur, yang bisa terlalu berangin dan menyebabkan tenggorokan kering pada pagi hari.

Penempatan unit AC harus berada di tempat udara dingin tidak langsung mengenai Anda. 

Baca juga: Ragam Penyebab AC Bocor yang Sering Terjadi

Fitur

Ilustrasi AC atau pendingin udaraShutterstock/Andrey_Popov Ilustrasi AC atau pendingin udara
Ada beberapa unit AC yang dilengkapi berbagai fitur sehingga bermanfaat saat digunakan seperti sistem inverter. Dengan sistem ini, AC tidak berjalan pada kapasitas penuh sepanjang waktu dan menggunakan energi 30 persen lebih sedikit daripada sistem non-inverter. 

Selain itu, ada fitur AC dengan pengatur waktu tidur sehingga Anda tidak perlu menggunakan sistem sepanjang malam dan dapat menghemat energi listrik. 

Baca juga: Sebelum Membeli, Cek Dulu 6 Mitos Tentang AC Ini

Beberapa AC bahkan memiliki fitur yang menaikkan suhu secara bertahap sebelum dimatikan sehingga tidak ada peningkatan suhu lingkungan secara tiba-tiba saat sistem dimatikan. Ini mengurangi kemungkinan Anda terbangun pada tengah malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com