Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Kulkas French Door dan Side By Side, Mana yang Terbaik?

Kompas.com - 24/04/2022, 07:51 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Home Serve

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat berkunjung ke toko peralatan elektronik rumah tangga, ada banyak jenis dan model kulkas yang ditawarkan dengan harga beragam.

Mulai dari, kulkas mini, kulkas satu pintu, kulkas dengan posisi freezer berada di atas, hingga kulkas showcase untuk menampilkan minuman di warung.

Baca juga: Cara Aman Mencairkan Bunga Es di Freezer Secara Manual

Dari beragam jenis dan model kulkas tersebut, ada pula kulkas French Door dan Side By Side. Dilihat dari tampilannya, kedua kulkas ini terlihat sama.

Kendati demikian, dikutip dari Home Serve, Minggu (24/4/2022), dua model kulkas ini memiliki perbedaannya tersendiri seperti berikut ini. 

Baca juga: 4 Cara Membersihkan Bunga Es di Kulkas dengan Cepat

Apa itu kulkas French Door?

Ilustrasi dapur, ilustrasi kulkas French Door.SHUTTERSTOCK / PhotoMavenStock Ilustrasi dapur, ilustrasi kulkas French Door.

Kulkas French Door adalah kulkas dengan kompartemen pendingin di atas dan area freezer di bawah. Bagian atas kulkas memiliki dua pintu yang berdampingan—mirip french door (pintu kupu-kupu).

Sementara itu, bagian freezer yang berada di area bawah kulkas merupakan laci yang bisa ditarik. Model kulkas French Door menawarkan cukup banyak rak yang lebar dan dapat disesuaikan.

Rak-rak di kompartemen pendinginnya pun memiliki tinggi yang setara dengan mata sehingga kamu dapat melihat makanan dan minuman segar dengan lebih mudah. 

Baca juga: Bahaya Menaruh 4 Benda Rumah Tangga Ini di Atas Kulkas

Apa itu kulkas Side By Side?

Kulkas Side By Side merupakan model kulkas yang memiliki pintu ganda seperti French Door, tetapi tidak dibagi menjadi area bawah dan area atas. 

Kulkas Side By Side memiliki dua pintu yang berukuran sama dengan tinggi. Pintu pertama sebagai area pendingin, sementara satu pintu lainnya untuk freezer.

Setiap pintu tersebut menawarkan ruang yang sama sehingga bisa menyimpanan banyaka bahan makanan, baik untuk didinginkan maupun dibekukan. 

Baca juga: Ketahui, Ini Alasan Pintu Kulkas Dapat Menutup Sendiri

Perbedaan kulkas French Door dan Side By Side 

Ilustrasi dapur, ilustrasi kulkas Side By Side.SHUTTERSTOCK / Vadym Andrushchenko Ilustrasi dapur, ilustrasi kulkas Side By Side.

Perbedaan utama antara kulkas French Door dan Side By Side adalah tata letaknya atau cara mengakses makanan dan minuman yang disimpan. 

Untuk French Door, kamu dapat membuka kedua daun pintu sekaligus dan memiliki akses yang mudah ke semua barang yang disimpan.

Akan tetapi, kamu harus sedikit membungkuk atau jongkok untuk mengambil barang di area freezer lantaran berada di bagian bawah kulkas.

Baca juga: Bolehkah Memindahkan Kulkas dengan Cara Dibaringkan?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com