Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan 5 Hal Ini saat Kulkas Hidup dan Mati dengan Sendirinya

Kompas.com - 21/04/2022, 18:26 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Suhu dingin di kulkas dapat menjaga makanan lebih awet. Namun apa yang terjadi jika kulkas hidup dan mati secara tiba-tiba? Tentunya ini akan mempengaruhi kualitas makanan di dalamnya dan juga membuat aliran listrik tidak stabil.

Agar kulkas awet, sebaiknya masalah ini harus segera diatasi. Beberapa kulkas memiliki buku manual untuk memperbaiki masalah kompresor ini sehingga kamu bisa memperbaikinya sendiri. Namun jika kamu tidak cukup yakin, kamu bisa menghubungi teknisi.

Melansir dari Appliance Analysts, Kamis (21/4/2022), berikut ini tips mengatasi kompresor kulkas yang hidup mati.

Baca juga: Bolehkah Memindahkan Kulkas dengan Cara Dibaringkan?

Periksa kabel

Kabel listrik mungkin saja terlepas karena hewan peliharaan, anak-anak atau kamu tanpa sadar melepasnya saat sedang bersih-bersih.

Saat lemari es mati, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek kabel listriknya. Jika kabel sudah terpasang dengan benar namun tetap tidak menyala, periksa dayanya untuk memastikan kabel tidak aus dan rusak. Kamu bisa meminta bantuan teknisi untuk mengatasi masalah ini.

Baca juga: 4 Tips Menyimpan Bawang Bombay di Kulkas agar Tidak Mudah Busuk

Periksa kotak sekring

Penyebab paling umum dari kulkas kita yang tiba-tiba mati adalah sekring putus. Hal ini dapat terjadi jika kamu menggunakan terlalu banyak alat elektronik sekaligus. Jika kotak sekring terbakar sebaiknya perbaiki dan ganti segera kotak sekring.

Masalah pada kontrol suhu

Atur suhu kulkas dengan benar agar makanan awet lebih lama.Unsplash/nrd Atur suhu kulkas dengan benar agar makanan awet lebih lama.

Lemari es memang menyala sepanjang hari, namun ia memiliki siklus tertentu untuk mengontrol suhu pada lemari es dan freezer.

Jika kontrol suhu bermasalah,lemari es akan mulai hidup dan mati secara terus menerus. Kontak pengatur suhu terletak di dalam lemari es bagian dalam, area ini memungkinkanmu untuk mengubah suhu. Berikut ini cara mengganti kontak pengatur suhu:

Baca juga: Amankah Menaruh Kulkas di Samping Oven?

  • Cabut kulkas, bersihkan makanan di sekitar pengatur suhu.
  • Lepaskan casing pengatur suhu, kamu bisa melepaskan dengan menariknya ke bawah.
  • Kontrol suhu merupakan komponen yang terpasang pada dial. Kamu harus dapat memutuskan semua kabelnya dengan mencabut kabel harness dan kabel lain yang terhubung ke kontrol.
  • Jika kulkas sudah cukup lama maka akan sulit untuk melepasnya, kamu bisa menggunakan tang.
  • Lepaskan kontrol dan geser kontrol ke luar.
  • Pasang kontrol baru kemudian pasang kembali permukaan dial, , harnes kabel dan kabel lainnya.
  • Kembalikan rumah pengatur suhu ke posisi awalnya di dalam lemari es.
  • Colok kembali kabel kulkas dan biarkan pengontrol suhu bekerja

Baca juga: Bahaya Menaruh 4 Benda Rumah Tangga Ini di Atas Kulkas

Pengaturan pencairan es yang rusak

Beberapa jenis lemari es memiliki pengaturan pencairan es yang bisa dikontrol. Namun jika proses pencairan ini berjalan terus, mungkin terdapat kerusakan pada pengaturannya.

Beberapa jenis lemari es memiliki sistem pencairan yang cukup rumit sehingga kamu membutuhkan tenaga teknisi untuk memperbaiki hal ini:

  • Namun kamu bisa memeriksa buku manual lemari es mu, berikut ini adalah panduan umum untuk memperbaiki pengaturan pencairan es:
  • Cabut kulkas, temukan unit defrost lemari es yang biasanya terdapat di freezer kemudian lepaskan dengan membuka tutup atau kait plastiknya.
  • Kamu akan menemukan pengatur waktu pencairan es di tengah wadah defroster, cabut timer defrost yang rusak dari kabel harness.
  • Balikkan wadahnya untuk membuka pengatur waktu pencairan es yang rusak, ambil pengatur waktu pencairan es yang baru dan kencangkan ke dalam wadahnya.
  • Colokkan pengatur waktu pencairan ke harnes, pastikan pengatur waktu pencairan es menghadap ke arah yang benar sehingga kamu dapat mencoloknya ke harnes kabel.
  • Pasang kembali unit defroster dan colokkan kembali kabel kulkas.

Baca juga: 4 Cara Membersihkan Bunga Es di Kulkas dengan Cepat

Kumparan kondensor yang kotor

Ada begitu banyak masalah yang bisa teratasi jika kamu menjaga kumparan kondensor tetap bersih. Jika lemari es hidup dan mati sendiri, mungkin ada masalah dengan panas berlebih yang berhubungan dengan kumparan kondensor.

Kumparan kondensor terletak di bagian belakang lemari es atau di bagian bawah di belakang akses panel.

Seiring berjalannya waktu, akan terjadi penumpukan debu dan kotoran pada koil kondes sehingga menyebabkan mesin menjadi panas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com