Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Makanan yang Tidak Boleh Disimpan di Freezer, Ini Alasannya

Kompas.com - 02/04/2024, 08:06 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Freezer menjadi tempat penyimpanan untuk mengawetkan berbagai bahan makanan, dari daging, ikan, buah, sayuran, ice cream, keju, hingga makanan yang sudah matang. 

Membekukan makanan adalah cara terbaik memperpanjang umur makanan, mencegah makanan terbuang, serta menghemat pengeluaran. 

Baca juga: Penyebab Bunga Es Menumpuk di Freezer dan Cara Mengatasinya

Namun, tidak semua makanan dan minuman boleh di dalam freezer karena bisa merusak kualitasnya. 

Meredith Carothers, spesialis keamanan pangan untuk Keamanan Pangan dan Keamanan Pangan Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA), mengatakan makanan yang disimpan terus-menerus pada suhu -17 derajat Celsius (suhu freezer yang direkomendasikan USDA) akan selalu aman. 

Hal ini karena pembekuan memperlambat pergerakan molekul, menyebabkan mikroba memasuki tahap tidak aktif. 

“Pembekuan mengawetkan makanan untuk waktu lama dapatmencegah pertumbuhan mikroorganisme yang menyebabkan pembusukan makanan dan penyakit bawaan makanan," kata Carothers. 

Namun, makanan yang dibekukan dalam jangka waktu lama mungkin mulai kehilangan rasa atau mengering, tapi masih aman untuk dikonsumsi. 

Nah, dilansir dari Better Homes and Gardens, Selasa (2/4/2024), berikut tujuh makanan yang tidak boleh disimpan di freezer

Baca juga: Cara Mencairkan Freezer Tanpa Mematikannya, Mudah dan Hemat Waktu

Sayuran dan buah kaya air

Ilustrasi sayur dan buah.DOK.SHUTTERSTOCK/Africa Studio Ilustrasi sayur dan buah.
Sayuran dengan daun empuk atau kandungan air tinggi, seperti selada, mentimun, dan seledri,  tidak dapat disimpan baik di dalam freezer.

Sarah Brekke, M.S., Manajer Merek Better Homes & Gardens Test Kitchen, mengatakan menyimpan sayuran kaya air di dalam freezer tidak boleh dilakukan karena setelah dicairkan, sayuran akan menjadi lemas, berlendir, tergenang air, dan teroksidasi. 

Simpan sayuran tersebut di laci kulkas dan usahakan menggunakannya dalam tujuh hingga 10 hari.

Selain itu, kentang mentah memiliki kadar air yang tinggi. Setelah kentang dicairkan, kemungkinan besar akan menjadi lembek dan berbutir.

Sebaiknya, menyimpan kentang mentah di tempat sejuk, gelap, dan kering di rumah, idealnya, sesuatu yang mirip dengan kondisi ruang bawah tanah. 

Baca juga: Selain Daging dan Es, Ini 5 Makanan yang Dapat Disimpan di Freezer

Makanan yang teremulsi

Selanjutnya, makanan yang tidak boleh disimpan di freezer adalah yang mengandung emulsi.

Hal itu karena segala sesuatu yang bergantung pada emulsifikasi untuk tetap bersatu, seperti mayones (bahan umum dalam salad kentang dan banyak kreasi krim lainnya) dan saus salad, cenderung terpisah setelah dibekukan dan kemudian dicairkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com