Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menyimpan Mentimun di Kulkas dan Freezer agar Tetap Segar

Kompas.com - 07/07/2023, 14:06 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mentimun adalah bahan pangan yang populer dan serbaguna. Buah mentimun dapat digunakan sebagai sayuran hingga diolah menjadi minuman menyegarkan.

Sifatnya yang menyegarkan membuat mentimun menjadi kesukaan banyak orang. Namun demikian, Anda perlu menyimpan mentimun dengan cermat agar kesegarannya terjaga dan tetap renyah.

Dikutip dari All Recipes, Jumat (7/7/2023), jika Anda menyimpan mentimun di kulkas, maka akan bertahan selama empat hingga enam hari jika dalam kondisi terbuka, maksimal hingga dua minggu. Adapun jika disimpan di freezer, mentimun bisa bertahan antara enam bulan hingga satu tahun.

Baca juga: Cara Menyimpan Lemon di Freezer agar Kesegarannya Terjaga

Ilustrasi mentimun, menanam mentimun. SHUTTERSTOCK/DARYA KOMAROVA Ilustrasi mentimun, menanam mentimun.

Cara menyimpan mentimun di kulkas

Menjaga mentimun tetap segar adalah tentang menjaga kelembapan masuk dan membusuk. Akan tetapi, ini adalah keseimbangan yang sulit dan rumit.

Karena apa pun yang Anda lakukan, bagian dalam mentimun yang basah dan lembut membuatnya menjadi rentan terhadap pembusukan.

Kulkas adalah solusi saat mencoba memerangi pembusukan, jadi simpan mentimun di lingkungan yang sejuk ini. Meja dapur bukanlah ide yang buruk, tetapi kulkas akan memberi beberapa hari ekstra.

Dalam hal menjaga mentimun dalam keadaan segar, kita semua menyukainya, semakin lama mereka tetap utuh, semakin baik. Setelah dipotong, Anda benar-benar memiliki batas waktu.

Baca juga: Cara Menyimpan Daging Mentah di Freezer dengan Benar

Kemungkinan pikiran pertama Anda adalah menempatkan mentimun di laci kulkas. Meskipun ini ide yang bagus, cara yang lebih baik untuk menyimpannya adalah dengan membungkus plastik untuk memberikan sedikit pelindung hilangnya kelembapan.

Tempatkan mentimun dalam wadah kedap udara di rak kulkas. Dengan begini, mentimun bisa bertahan selama seminggu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com