Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Menyimpan Barang yang Membuat Rumah Semakin Berantakan

Kompas.com - 03/04/2024, 09:50 WIB
Bella Nurmaya Putri,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah yang berantakan tak hanya membuat stres, tali juga mengganggu fokus dan produktivitas. 

Rumah yang berantakan bisa disebabkan kesalahan menyimpan barang, yang akhirnya bisa menarik hama, seperti tikus dan serangga, serta menyebabkan penumpukan debu yang tidak sehat. 

Baca juga: Rawan Bakteri, Ini 5 Barang Dapur yang Harus Rutin Dibersihkan

Maka itu, penting mengelola penyimpanan di rumah dengan benar demi menghindari rumah semakin berantakan.

Dilansir dari Martha Stewart, Rabu (3/4/2024), berikut kesalahan menyimpan barang yang membuat rumah berantakan.

Membeli wadah penyimpanan 

Ilustrasi merapikan rumah, menggunakan wadah penyimpanan di rumah. SHUTTERSTOCK/EZHENAPHOTO Ilustrasi merapikan rumah, menggunakan wadah penyimpanan di rumah.
Wadah penyimpanan dapat menjadi solusi penyimpanan yang lebih teratur. Namun, efektivitasnya tergantung pada kesesuaian wadah dengan kebutuhan Anda.

Sering kali kesalahan memilih wadah penyimpanan, seperti wadah yang terlalu besar untuk barang yang lebih kecil, hanya akan memenuhi ruangan tanpa memberikan manfaat optimal. Sebaiknya, atur penyimpanan dengan perencanaan yang matang.

Menurut Gabai, pendiri B. Organized dan penulis The Art of Organizing: An Artful Guide to an Organized Life, langkah bijak dalam berbelanja adalah menentukan dengan tepat barang apa yang akan disimpan dan bagaimana cara Anda akan menggunakannya.

Dengan begitu, penyimpanan yang Anda lakukan akan lebih efisien karena sesuai dengan kebutuhan Anda dan tidak akan membuat ruangan menjadi berantakan. 

Baca juga: 9 Rekomendasi Ruang Penyimpanan di Rumah Kecil, Hemat Lahan

Menggunakan kotak kardus

Selanjutnya, kesalahan menyimpan barang yang membuat rumah berantakan adalah menggunakan kotak kardus. 

Kotak penyimpanan kardus mungkin terlihat sebagai opsi penyimpanan yang hemat biaya, tapi para ahli mengingatkan tidak menggunakannya untuk penyimpanan dalam jangka panjang, terutama untuk pakaian.

Menurut Gabai, menyimpan pakaian dalam kotak kardus untuk jangka waktu lama dapat menyebabkan transfer bau dan residu lem dari kardus ke pakaian, yang sulit dihilangkan.

Selain itu, kotak kardus bisa menarik perhatian tikus untuk digunakan sebagai sarang jika kotak penyimpanan dibiarkan terabaikan dalam lingkungan lembap. 

Baca juga: Bikin Nyesel, 3 Tempat Penyimpanan Dapur Ini Sebaiknya Tidak Dibeli

Menyimpan di kantong plastik sampah

Menggunakan kantong plastik untuk menyimpan pakaian musiman atau linen cadangan dalam jangka panjang juga menjadi kesalahan menyimpan barang yang membuat rumah berantakan.

Menurut Ashley Stewart, penyelenggara profesional dan pemilik O.C.D (Organize. Create. Design), tekstil perlu memiliki ventilasi dan harus disimpan dalam wadah kering.

Kantong plastik dapat menghalangi aliran udara dan menyimpan kelembapan yang bisa menyebabkan pertumbuhan jamur yang merusak pakaian. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com