Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Daging Kurban Bisa Disimpan di Kulkas?

Kompas.com - 29/06/2023, 15:40 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Mashed

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu hal yang identik dengan hari raya Idul Adha adalah penyembelihan hewan kurban. Untuk Anda yang memperoleh daging kurban, ada kemungkinan Anda tidak langsung memasaknya, namun memilih untuk menyimpan daging kurban di kulkas.

Anda sebaiknya menyimpan daging kurban di freezer kulkas. Kemudian, Anda bisa menyimpan daging beku di kulkas ketika akan mencairkan untuk memasaknya.

Meskipun demikian, berapa lama daging kurban bisa disimpan di kulkas? Dikutip dari Mashed, Kamis (29/6/2023), berikut penjelasannya.

Baca juga: Cara Menyimpan Daging Mentah di Freezer dengan Benar

Ilustrasi menyimpan daging di freezer.SHUTTERSTOCK/AHANOV MICHAEL Ilustrasi menyimpan daging di freezer.

Menurut Meredith Carothers, spesialis informasi teknis Layanan Inspeksi dan Keamanan Pangan Departemen Pertanian AS menjelaskan, faktor kunci dalam penyimpanan daging adalah jenis daging dan potongan apa yang Anda hadapi.

Semakin kecil potongan daging mentah, semakin cepat harus digunakan atau dibekukan, tutur Carothers.

Potongan daging sapi, daging kambing, dan daging domba mentah harus digunakan atau dibekukan dalam waktu empat hingga lima hari. Sementara itu, daging giling harus digunakan atau dibekukan dalam satu hingga dua hari.

Kekhawatiran kritis lainnya adalah apakah daging dapat bertahan dalam kemasan aslinya atau tidak. Carothers mengatakan tidak apa-apa menyimpan daging begitu saja, tidak perlu memindahkannya ke wadah lain.

Baca juga: Ternyata, Memotong Daging di Talenan Kayu Berisiko untuk Kesehatan

Bahkan saat membekukan daging, Anda dapat terus menambahkan lapisan lain untuk mencegah kelembapan masuk dan membahayakan isinya.

Apakah penting di mana Anda menyimpan daging di kulkas? Tidak juga, kata Carothers, asalkan Anda menjaga kulkas pada suhu yang tepat sejak awal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com