Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Barang Ini Tidak Boleh Disimpan di Gudang, Kenapa?

Kompas.com - 19/04/2024, 08:55 WIB
Bella Nurmaya Putri,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gudang menjadi ruang penyimpanan ideal untuk barang-barang yang sudah tidak terpakai, rusak, serta jarang terpakai, seperti peralatan peralatan berkebun atau peralatan olahraga. 

Menyimpan barang di gudang menjadi pilihan tepat untuk memaksimalkan ruang penyimpanan di rumah sekaligus menjaga barang tidak berantakan di dalam rumah. 

Baca juga: Jangan Menyimpan Sisa Cat di Garasi dan Gudang, Ini Bahayanya

Namun, gudang dapat menjadi tempat bagi hama, seperti tikus, rayap, atau serangga lainnya, untuk membuat sarang serta berkembang biak apabila tidak menjaga kebersihan dan merawatnya dengan baik. 

Selain itu, kelembapan yang tinggi di dalam gudang dapat menyebabkan barang-barang yang disimpan mudah berjamur, bahkan rusak.

Penyimpanan yang tidak teratur atau terlalu penuh juga dapat membuat barang-barang terlihat berantakan serta sulit menemukan barang yang dibutuhkan.

Karena itu, para ahli mengatakan penting memperhatikan menyimpan barang di dalam gudang, termasuk barang yang tidak boleh disimpan untuk meminimalkan risiko keamanan, kesehatan, serta memastikan gudang tetap berfungsi maksimal. 

Dikutip dari Best Life Online, Kamis, (18/4/2024), berikut sejumlah barang yang tidak boleh disimpan di gudang

Baca juga: 6 Barang yang Tidak Boleh Disimpan di Gudang Menurut Para Ahli

Kayu

Ilustrasi kayu bakar.SHUTTERSTOCK/k_samurkas Ilustrasi kayu bakar.
Kyle Selbach, Direktur Operasi dari All "U" Need Pest Controlo—perusahaan pengendali hama asal Australia—mengatakan menyimpan kayu di gudang dapat menimbulkan masalah karena tumpukan kayu dalam jumlah besar bisa mengundang rayap walau gudang berjarak jauh dari rumah. 

Selbach menjelaskan pemilik rumah perlu memahami bahwa rayap dapat menelusuri semua bagian rumah, termasuk gudang, untuk mencari kayu yang bisa dimakan.

"Dengan koloni rayap yang memiliki populasi hingga jutaan ekor, kerusakan yang ditimbulkan dapat sangat parah dengan cepat," ucap Selbach. 

Baca juga: 6 Barang di Gudang yang Harus Segera Disingkirkan, Apa Saja?

Cat dan pewarna lantai dek

Selanjutnya, barang yang tidak boleh disimpan di gudang adalah cat dan pewarna atau pelapis lantai kayu dek yang terkena noda. 

Scott Paul, pakar dalam bidang perbaikan rumah di Deck Stain Help—jasa perbaikan kayu eksterior dan restorasi dek—menyarankan menghindari menyimpan cat dan pewarna dek di gudang.

Menyimpan pewarna dek di gudang atau garasi yang suhunya bisa turun di bawah titik beku dapat membuat pewarna kemungkinan besar mengalami kerusakan.

Tanda-tanda pewarna dek sudah rusak meliputi penebalan berlebihan, penggumpalan noda, atau pengelupasan pada bagian atasnya.

Untuk menyimpan pewarna dek dengan benar, Paul menyarankan selalu menutup rapat tutupnya agar menghindari penguapan, kemudian simpan di ruangan dengan suhu terkontrol dan menjauh dari sumber panas, seperti tungku atau pemanas air.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com