Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/06/2023, 13:40 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun Anda membersihkan kamar mandi secara rutin, namun kapan terakhir kali Anda membersihkan dudukan kloset? Dudukan kloset sering diabaikan, dan bisa kotor dan rusak seiring penggunaannya meski dibersihkan secara teratur.

Walaupun kloset dapat bertahan selama beberapa dekade, namun dudukan kloset biasanya terbuat dari bahan yang kurang tahan lama, seperti plastik, dan tidak akan bertahan lama seperti kloset.

Dikutip dari House Digest, Kamis (29/6/2023), pemilik Prescott Design Summer Little menjelaskan seberapa sering harus mengganti dudukan kloset.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Pesing di Kloset dengan Mudah, Pakai Cuka

Ilustrasi kloset, dudukan kloset. FREEPIK/PVPRODUCTIONS Ilustrasi kloset, dudukan kloset.

Menurut Little, Anda harus mengganti dudukan kloset setiap lima tahun atau lebih, tergantung pemakaian.

Tidak ada orang yang ingin disambut dengan dudukan kloset yang kotor, jadi jika ada retakan atau noda yang tertinggal bahkan setelah dibersihkan, maka segera ganti, tutur Little.

Engsel longgar, tergores, atau dudukan yang mudah bergeser adalah tanda-tanda bahwa mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan mengganti dudukan kloset.

Kenapa harus mengganti dudukan kloset?

Bergantung pada berapa banyak orang yang tinggal di rumah, Anda mungkin perlu mengganti dudukan kloset lebih cepat dari yang diperkirakan.

Baca juga: 6 Ide Penyimpanan di Kamar Mandi, Manfaatkan Ruang di Atas Kloset

Semakin sering kloset digunakan, tutup dan dudukannya akan semakin terangkat dan tertutup, yang akan membuat engselnya aus. Hal ini menyebabkan dudukan kloset berpindah-pindah sehingga tidak nyaman digunakan dan lebih sulit dibersihkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com