Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Kloset, Ini 5 Benda Paling Kotor di Rumah

Kompas.com - 29/05/2023, 07:59 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kotoran, bakteri, dan kuman dapat hidup di tempat-tempat di rumah yang mungkin Anda anggap bersih.

Bahkan, meski telah membersihkannya secara rutin, kuman, bakteri, dan kotoran masih saja ada. Tentu saja, keberadaan ketiga hal ini tidak hanya membuat rumah kotor, tapi juga berdampak buruk pada kesehatan.  

Baca juga: 7 Benda di Rumah yang Sering Lupa Dibersihkan

Sebelum Anda dan keluarga menyentuh benda-benda ini dan jatuh sakit, perlu segera membersihkannya. 

Dikutip dari How Stuff Works, Senin (29/5/2023), berikut lima benda paling kotor di rumah dan cara membersihkannya.

Wastafel dapur

Ilustrasi wastafel dapur.Shutterstock/ben bryant Ilustrasi wastafel dapur.
Dengan banyaknya penggunaan sehari-hari, tidak mengherankan jika wastafel dapur  mungkin lebih kotor dan sarat bakteri daripada kloset.

Sebagian besar dari kita meluangkan waktu mendisinfeksi kloset, tapi melupakan bakteri yang berkembang biak di wastafel dapur dari makanan yang menempel di piring basah yang dapat menjadi tempat berkembang biak bagi salmonella dan e-coli.

Jangan hanya membilas wastafel dengan air. Cuci wastafel dengan pemutih atau pembersih berbahan dasar pemutih sekali sehari, lalu bilas. hingga bersih Jangan lupa mengganti spons dapur, sikat, dan kain lap secara teratur. 

Baca juga: 6 Benda yang Harus Disingkirkan dari Dapur

Remote TV

Selanjutnya, benda paling kotor di rumah adalah remote TV. Semua orang menyentuh benda ini, belum lagi jatuh ke lantai.

Tak herankan, jika separuh dari remote control yang diuji sebuah penelitian mengandung kuman flu. Maka itu, perlu membersihkan remote TV secara teratur. Gunakan tisu berbahan dasar alkohol atau pemutih atau tisu dengan pemutih dan air.

Keyboard komputer 

Ilustrasi slime pembersih untuk membersihkan celah pada keyboard. SHUTTERSTOCK/IAMA_SING Ilustrasi slime pembersih untuk membersihkan celah pada keyboard.
Sama dengan remote TV, keyboard komputer atau laptop juga menjadi benda paling kotor di rumah dan mudah terkena kuman.

Jika Anda bersin di atas keyboard, makan di meja kerja, atau duduk bekerja tanpa mencuci tangan, Anda berpotensi menyebarkan kuman dan bakteri.

Baca juga: 5 Manfaat Lemon untuk Membersihkan Benda di Rumah 

Pastikan mencuci tangan dan usahakan agar orang lain juga melakukan hal yang sama sebelum menggunakan komputer dan jangan makan di atas keyboard.

Sering-seringlah mengibaskan remah-remah makanan serta menyeka keyboard dan mouse dengan tisu berbahan dasar alkohol secara teratur.

Bathtub

Ilustrasi kamar mandi.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi kamar mandi.
Bathtub atau bak mandi dapat menjadi rumah bagi kuman, jamur, dan bakteri berkembang biak. Tak heran, menjadikan bathtub sebagai salah satu benda paling kotor di rumah. 

Untuk membersihkan bathtub, semprotkan pembersih harian setelah mandi. Gunakan pembersih berbahan dasar pemutih secara teratur untuk benar-benar mendisinfeksi, lalu bilas, dan seka bagian yang lembap. 

Baca juga: 7 Benda di Kamar Mandi yang Sering Lupa Dibersihkan

Sikat gigi

Saat menggunakan sikat gigi untuk membersihkan mulut, sikat gigi mengumpulkan kuman dan bakteri. Kuman dan bakteri ini tidak hanya dari kita, tetapi juga dari kamar mandi.

Karena itu, perlu mengganti sikat gigi secara teratur dan menyimpannya di tempat yang dapat mengering sepenuhnya di antara waktu penggunaan, sejauh mungkin dari kloset.

Jangan lupa selalu menutup kloset sata menyiram karena setiap kali menyiram dapat menyemprotkan bakteri menyebar ke kamar mandi. 

Nah, itu dia beberapa benda paling kotor di rumah dan cara membersihkannya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com