Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/05/2023, 19:15 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan rumah penting untuk dilakukan agar rumah tetap nyaman dan sehat. Menyapu, mengepel, mencuci, hingga mengelap berbagai permukaan menjadi rutinitas dalam membersihkan rumah.

Namun, terkadang beberapa benda terlupakan untuk dibersihkan. Padahal, benda-benda tersebut dapat dengan cepat menumpuk kotoran. 

Baca juga: 6 Kebiasaan Buruk Membersihkan Rumah yang Tidak Disadari

Dilansir dari Rescue My Time Cleaning Service, Minggu (14/5/2023), berikut ini 7 benda di rumah yang sering lupa dibersihkan.

Selimut dan bantal dekoratif

Banyak orang memiliki selimut dan bantal yang mereka gunakan untuk menghias sofa dan tempat tidur di rumah mereka.

Jangan lupa untuk membersihkan barang-barang ini setiap minggu. Pastikan untuk membaca label pada barang-barang ini sebelum Anda mencucinya agar Anda tidak merusaknya.

Aksesori dan mainan hewan peliharaan

Hewan peliharaan Anda dapat mengotori barang-barangnya hanya dengan merontokkan bulunya di mana-mana.

Luangkan waktu untuk mengumpulkan tempat tidur dan mainan hewan peliharaan untuk dicuci. Hal ini akan membantu menghilangkan sebagian besar bulu dan kotoran.

Baca juga: 10 Aturan Membersihkan Rumah yang Aman dan Efektif

Tempat sampah dalam dan luar ruangan

Tempat sampah menampung sampah di dalamnya, tetapi bagian dalamnya juga dapat kotor ketika kantong sampah bocor atau makanan jatuh di antara kantong dan tempat sampah.

Anda dapat menggunakan sabun cuci piring dan air untuk membersihkan bagian dalam tempat sampah. Jika tempat sampah bagian luar kotor, pertimbangkan untuk menggunakan selang taman dengan spray nozzle. Menambahkan cuka juga dapat membantu menetralisir bau.

Kipas angin gantung

Membersihkan kipas angin gantung merupakan hal penting untuk menjaga kebersihan udara. Udara dapat menumpuk di bilah kipas dan menyebarkan debu saat Anda menyalakan kipas.
Membersihkan baling-baling kipas angin akan membantu mencegah hal ini.

Baca juga: Kipas Angin Gantung Harus Rutin Dibersihkan, Begini Caranya

Tirai dan gorden

Tirai dan gorden jendela dapat menumpuk debu. Anda dapat menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkannya dengan cepat.

Usahakan untuk membersihkan debu pada gorden secara teratur. Jika sangat kotor, Anda dapat memberesihkan minyak dan kotoran dengan melepaskannya dari jendela dan merendamnya dengan air dan sabun. Anda juga dapat menggunakan jasa penatu.

Kursi dan sofa

Sofa dan kursi perlu dibersihkan dengan vacuum cleaner sesering mungkin. Jangan lupa untuk membersihkan bagian bawah bantal.

Baca juga: Cara Membersihkan Sofa Kain Tanpa Air

Bersihkan kulkas

Luangkan waktu untuk membersihkan kulkas. Anda dapat menggunakan air sabun panas untuk mengelap dan membersihkan bagian dalam secara memyeluruh. Hal ini akan membersihkan semua sisa makanan yang tertinggal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com