Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, 7 Benda yang Tidak Boleh Dibersihkan Pakai Alkohol Gosok

Kompas.com - 28/04/2023, 17:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Alkohol gosok adalah produk pembersih yang kuat, mampu membersihkan noda dan kotoran yang membandel. Alkohol gosok atau isopropil alkohol adalah cairan tidak berwarna yang dibuat dengan menggabungkan air dan propilena atau etilena.

Dilansir House Digest, Jumat (28/4/2023), salah satu manfaat menggunakan alkohol gosok sebagai bahan pembersih adalah sebagai disinfektan ampuh yang dapat membunuh bakteri dan virus. Selain itu, menguap dengan cepat, tidak meninggalkan residu, membuatnya nyaman dan efisien.

Menurut WebMD, alkohol gosok juga ideal untuk membasmi hama tanaman, menghilangkan noda seperti tinta, mengobati infeksi telinga, dan membuat hand sanitizer.

Baca juga: 7 Manfaat Alkohol Gosok untuk Tanaman, Basmi Gulma dan Bersihkan Daun

Ilustrasi alkohol gosok, menuangkan alkohol gosok. SHUTTERSTOCK/KABARDINS PHOTO Ilustrasi alkohol gosok, menuangkan alkohol gosok.

Meskipun alkohol gosok dapat menjadi produk pembersih yang efektif dalam banyak situasi, ada beberapa benda yang tidak boleh Anda bersihkan dengan alkohol gosok.

Menggunakan alkohol gosok pada permukaan atau bahan tertentu dapat menyebabkan kerusakan atau perubahan warna, jadi penting untuk mengetahui apa yang harus dihindari.

Berikut beberapa benda yang tidak boleh dibersihkan dengan alkohol gosok.

1. Peralatan elektronik

Alkohol gosok adalah disinfektan yang bagus, tetapi jika menyangkut pembersihan barang elektronik, sebaiknya hindari menggunakannya. Ini karena alkohol gosok dapat mengikis lapisan pelindung pada layar, keyboard, dan perangkat lain, membuatnya rentan terhadap goresan, perubahan warna, dan kerusakan lainnya.

Baca juga: Bolehkah Menyemprotkan Alkohol ke Tanaman?

Selain itu, alkohol gosok dapat menyebabkan komponen plastik dan karet mengering dan menjadi rapuh, yang dapat menyebabkan keretakan atau pecah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com