Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sofa Warna Gelap Vs Terang, Mana yang Cocok untuk Ruang Tamu Kecil?

Kompas.com - 28/04/2023, 15:21 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda memiliki ruang tamu kecil atau ruang tamu sempit, maka pemilihan sofa harus dilakukan dengan cermat. Salah satu pertimbangannya adalah warna sofa untuk ruang tamu kecil.

Apakah sebaiknya memilih sofa warna gelap atau warna terang untuk ruang tamu kecil?

Pada akhirnya, warna sofa yang optimal untuk ruangan yang padat bergantung pada estetika keseluruhan yang diinginkan, kata Artem Kropovinsky, desainer interior dan pendiri studio Arsight di New York, AS, dikutip dari Living Etc, Jumat (28/4/2023).

Baca juga: 5 Warna Sofa yang Harus Dihindari, Mudah Kotor dan Tak Tahan Lama

Ilustrasi sofa di ruang tamu, sofa beludru.SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi sofa di ruang tamu, sofa beludru.

Jika Anda menginginkan nuansa cerah dan luas, sofa berwarna pucat mungkin pilihan terbaik Anda. Sebaliknya, jika Anda mencari suasana yang nyaman dan pribadi, sofa warna gelap mungkin merupakan pilihan terbaik, saran Kropovinsky.

Namun, sejumlah desainer interior mengakui preferensi mereka untuk sofa warna terang saat memilih furnitur ruang tamu kecil.

Menggunakan furnitur berwarna terang di ruangan yang lebih kecil dapat membantu ruangan terasa tidak terlalu ramai dan lebih terang dan lapang, ujar Deana Della Cioppa, desainer senior di biro arsitektur New York Workshop/APD.

Setiap kamar dan rumah itu unik, tetapi biasanya di ruangan kecil saya lebih suka menggunakan sofa berwarna terang, sebut Kirsten Blazek, desainer interior di A1000XBetter Los Angeles, AS.

Baca juga: Apakah Warna Gorden Harus Sesuai dengan Sofa? Ini Jawabannya

Menurut Blazek, salah satu aspek yang lebih penting untuk dipikirkan adalah dampak apa yang Anda inginkan dari sofa dari perspektif desain adalah, apakah Anda ingin sofa menjadi pusat perhatian di ruangan, atau lebih netral?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com