Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Warna Sofa yang Harus Dihindari di Rumah, Kenapa?

Kompas.com - 10/04/2024, 09:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Sofa adalah perabot dasar yang memberikan titik fokus utama di ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang santai mana pun. 

Sofa bisa dibilang furnitur yang dapat bertahan lama dengan umur penggunaan rata-rata lima sampai 10 tahun. 

Baca juga: 7 Cara Mempertahankan Warna Sofa Terang di Rumah

Artinya, sofa dapat menjadi investasi jangka panjang. Namun, untuk memastikan sofa bertahan dalam ujian waktu, ada sejumlah hal yang harus dipertimbangkan ketika memilihnya, salah satunya warna sofa.  

Margherita Thumiger dan Louise Glynn, desainer interior di Studio 29, mengatakan sofa cenderung mendominasi sebuah ruangan. Itulah sebabnya warna sofa dapat membuat atau menghancurkan tampilan ruangan.

Akan tetapi, memilih warna sofa juga perlu memperhatikan sejumlah faktor, seperti arah hadap ruangan, seberapa banyak cahaya alami yang masuk, perabot yang ada, serta palet warna ruangan.

Sebab, ada beberapa warna sofa yang tidak cocok dengan faktor-faktor tersebut, yang dapat memperburuk ruangan, sehingga perlu menghindarinya. 

Nah, untuk membantu Anda, dilansir dari Living Etc, Rabu (10/4/2024), para desainer interior membagikan sejumlah warna sofa yang harus dihindari di rumah. 

Baca juga: 6 Desain Sofa yang Membuat Rumah Terlihat Lebih Bergaya

Putih

ilustrasi ruang tamu berwarna cokelatShutterstock/alexandre zveiger ilustrasi ruang tamu berwarna cokelat
Ketika berbicara tentang warna putih, pertimbangkan penggunaannya. Rumah keluarga dengan lalu lintas tinggi atau memiliki hewan peliharaan mungkin tidak cocok dengan sofa putih. 

Sofa putih rentan kotor dan dapat menujukkan kotoran dengan jelas. Hal ini membuat Anda perlu membersihkan sofa secara teratur, yang pada akhirnya akan merusak kualitasnya.

Mungkin Anda bisa memilih sofa putih untuk ruang duduk yang lebih formal atau ruang percakapan yang jarang digunakan. 

Baca juga: 5 Cara Mencegah Kucing Menggaruk Sofa

Merah cerah

Selanjutnya, warna sofa yang harus dihindari di rumah adalah merah cerah. Sofa merah dapat membuat pernyataan cukup kuat dan dapat menjadi pilihan yang elegan dan tak lekang  waktu.

Namun, memilih merah harus dilakukan harus hati-hati karena energi yang dibawanya. Umumnya, merah dikaitkan dengan emosi yang berapi-api dari gairah dan cinta.

Warna sofa merah mungkin tidak memiliki konotasi terbaik untuk ruang keluarga atau ruang tamu yang nyaman dengan fokus relaksasi.

Terlebih lagi, merah adalah warna cerah yang cenderung memudar seiring waktu. Jika Anda memilih sofa merah, mungkin akan membatasi masa pakainya secara signifikan.

"Jika sofa akan ditempatkan di bawah jendela, hindari warna yang sangat gelap atau kaya karena akan memudar dengan cepat," saran Margherita dan Louise.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com