Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Warna Gorden Harus Sesuai dengan Sofa? Ini Jawabannya

Kompas.com - 16/04/2023, 17:29 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika datang melakukan peningkatan gaya pada rumah, menambahkan satu set gorden baru dapat dianggap sebagai solusi cepat dan terjangkau.

Perawatan jendela, seperti gorden, memiliki potensi besar dalam hal membuat transformasi visual yang mencolok pada ruangan

Baca juga: 5 Warna Gorden yang Cocok Dikombinasikan dengan Dinding Hijau

Selain peningkatan estetika, penambahan panel gorden juga dapat memberikan beberapa manfaat tambahan, seperti privasi yang lebih baik dan mengurangi silau sinar matahari.

Namun, saat membeli gorden untuk ruang tamu, pemilik rumah sering bertanya-tanya apakah harus memilih tampilan yang serasi dengan sofa?

Ini adalah pertanyaan bagus karena tidak ada aturan desain yang diterima secara universal yang mengatakan gorden harus sesuai dengan gaya sofa.

Jawabannya adalah ya. Namun, ada beberapa hal yang perku diperhatikan saat memilih gorden seperti dilansir dari Rhythm of the Home, Minggu (16/4/2023). 

Baca juga: 7 Warna yang Cocok Dikombinasikan dengan Sofa Hitam

Pilih gorden yang cocok dengan sofa dengan saling melengkapi

Ilustrasi gorden.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi gorden.
Jika tertarik melengkapi keindahan furnitur Anda, disarankan memilih panel gorden yang memiliki gaya, tekstur, atau warna yang serupa dengan sofa.

Mempertimbangkan cara gorden dapat mengambil banyak ruang visual di dalam ruangan, ada risiko menciptakan desain yang tidak seimbang jika Anda tidak memperhatikan pencocokan sofa.

Anda mungkin akan mendapatkan gorden yang terlalu menonjol dan terasa tidak pada tempatnya di ruang tamu. Alih-alih memperhatikan penataan furnitur yang indah, siapa pun yang memasuki ruangan akan fokus pada hal yang salah.

Dengan mencocokkan fitur gorden dengan elemen desain sofa, akan mendapatkan tampilan lebih halus. Sangat disarankan memperhatikan pencocokan gaya saat mendesain ruangan tradisional.

Dekorasi modern bisa sedikit lebih fleksibel dalam hal memadukan tekstur dan warna berbeda antara gorden dan furnitur. Banyak gaya modern yang menyambut efek kontras dari semburat warna yang ditambahkan melalui gorden.  

Baca juga: Cara Memilih Gorden Terbaik untuk Rumah Kecil

Perhatikan skema warna

Memilih warna yang tepat untuk gorden bisa menjadi tantangan tersendiri bagi banyak pemilik rumah. Jika menginginkan tampilan serasi, ada beberapa aturan desain umum yang harus diikuti untuk membuat ruangan terasa kohesif dan enak dipandang.

Alih-alih berfokus pada nuansa warna yang tepat, akan lebih mudah mencocokkan gorden dan sofa dengan memperhatikan intensitas warna atau suhu.

Sofa dengan warna lebih gelap cocok dipasangkan dengan warna gorden yang sama jika lebih menyukai lingkungan yang nyaman. Menggabungkan dua warna gelap bersama-sama dapat menghasilkan tampilan suram atau terlalu formal.

Untuk sedikit kontras, disarankan memilih warna gorden yang serupa dengan sofa, tetapi lebih terang untuk mencerahkan ruangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com