Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/04/2023, 13:48 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari Raya Idul Fitri menjadi momen berkumpul bersama keluarga dan sanak saudara. Supaya momen berkumpul ini berlangsung hangat dan nyaman, penting  memastikan rumah bersih serta nyaman.

Ruang tamu menjadi salah satu ruangan di rumah yang perlu dibersihkan menjelang Lebaran lantaran kerap digunakan untuk berkumpul.

Dilansir dari Homes and Gardens, Rabu (19/4/2023), berikut langkah-langkah membersihkan ruang tamu.

Baca juga: Sambut Lebaran, Ini 7 Cara Mudah Mendekorasi Ruang Tamu

Kumpulkan perlengkapan

Ilustrasi ruang tamu dengan nuansa warna hitam dan putih.SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi ruang tamu dengan nuansa warna hitam dan putih.
Mengumpulkan perlengkapan yang dibutuhkan sebelum mulai membersihkan rumah akan menghemat waktu dan membantu Anda lebih fokus dalam sesi pembersihan. Berikut alat dan bahan yang dibutuhkan: 

  • kain mikrofiber
  • semir furnitur
  • pembersih jendela atau larutan cuka dan air
  • vacuum cleaner
  • penghilang noda dan sampo karpet
  • alat pel dan ember

Setelah siap untuk mulai bekerja, buka jendela untuk mengurangi udara berdebu saat pembersihan.

Baca juga: Sambut Idul Fitri, Ini 5 Cara Membersihkan Kamar Mandi

Merapikan sebelum membersihkan

Untuk memudahkan pembersihkan, rapikan ruang tamu sebelum mulai membersihkan. Kembalikan semua benda ke tempat yang semestinya, rapikan rak buku, dan meja kopi.

Bersihkan debu

Bersihkan ruang tamu dari atas ke bawah. Selanjutnya, gunakan kain mikrofiber lembap untuk menghilangkan lebih banyak debu.

Berhati-hatilah saat membersihkan layar televisi. Gunakan kain mikrofiber yang baru dan seka layar dengan lembut menggunakan gerakan naik turun, bukan melingkar.

Jika terdapat beberapa noda membandel, basahi sedikit kain dan ulangi. Jangan pernah menyemprotkan air atau produk pembersih secara langsung ke layar.

Bersihkan dan semir furnitur kayu. Baca petunjuk pada produk dengan cermat, mintalah bantuan profesional bila perlu. Selalu lakukan uji coba di area yang tersembunyi jika  menggunakan produk baru untuk pertama kalinya.

Baca juga: Sambut Lebaran, Ini Cara Efektif Membersihkan Debu di Rumah

Bersihkan jendela dan cermin

Ilustrasi membersihkan jendelaShutterstock/New Africa Ilustrasi membersihkan jendela
Anda dapat menggunakan semprotan permbersih kaca atau campuran air dan cuka. Untuk membuat pemebersih air dan cuka, cukup campurkan cuka putih dan air panas dengan takaran yang sama, lalu tambahkan sedikit sabun cair untuk membantu menghilangkan goresan.

Masukkan campuran ke dalam botol semprotan kosong. Gunakan sebagai pembersih, berhati-hatilah agar tidak menyemprot secara berlebihan. 

Baca juga: 5 Tips Membersihkan Tirai agar Bebas Debu 

Bersihkan penutup jendela

Rachel Fernie dari Hillarys menjelaskan perlu membuka dan menutup gorden setiap hari lantaran banyaknya debu yang terkumpul. 

Menurutnya, vacuum cleaner genggam adalah cara bagus membersihkannya tanpa harus menurunkannya.

Untuk tirai dengan noda atau bekas noda yang besar, mungkin perlu dibawa ke binatu. Bersihkan tirai sesuai jenisnya. Vacuum cleaner dapat digunakan pada beberapa tirai, lalu gunakan kain mikrofiber.

Bersihkan sofa dan kursi

Ilustrasi membersihkan sofa. SHUTTERSTOCK/MARIAKRAY Ilustrasi membersihkan sofa.
Bersihkan sofa dengan melepas semua bantal kursi. Pasang nozel pada vacuum cleaner dan bersihkan sudut-sudut serta celah sofa dan kursi berlapis kain.

Berhati-hatilah jika kain terbuat dari beludru, yang dapat membekas jika digosok secara berlebihan di satu tempat. Bersihkan juga sofa kulit dengan hati-hati.

Baca juga: Cara Membersihkan Sofa Kulit agat Tampak Baru

Bersihkan lantai

Lantai ada di urutan terakhir pembersihan. Bersihkan lantai dengan penyedot debu sebelum menyekanya dengan kain pel.

Selalu biarkan lantai ruang tamu benar-benar kering sebelum kembali meletakkan karpet yang sudah dibersihkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com