Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Desain Sofa yang Membuat Rumah Terlihat Lebih Bergaya

Kompas.com - 07/04/2024, 19:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Livspace

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat memilih sofa prioritas utama mungkin dalam hal memilih ukuran, bahan, dan warna. Namun, desain sofa juga tidak boleh dilupakan. 

Sebab, desain atau model sofa akan mempengaruhi suasana dan tampilan visual di ruangan tersebut. Pilihan desain sofa sangat beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan konsep interior ruangan. 

Dilansir dari Livspace, Minggu (6/4/2024), berikut ini beberapa desain sofa yang membuat tampilan rumah terlihat lebih bergaya. 

Baca juga: 6 Desain Sofa yang Tak Lekang oleh Zaman

Sofa Chesterfield

ilustrasi Sofa ChesterfieldShutterstock/khemsingh kawarkshatri ilustrasi Sofa Chesterfield

Salah satu desain sofa terkenal yang tak pernah ketinggalan zaman yaitu sofa Chesterfield. Sofa ini memiliki kain pelapis yang berumbai. 

Sofa ini memberikan kesan nyaman di dalam ruangan. Keunggulan lainnya yaitu saat duduk di sofa ini pakaian tidak akan kusut karena bahan pelapisnya dibuat berumbai. 

Meski bukan desain sofa baru, namun sofa ini tetap cocok digunakan pada interior modern. 

Baca juga: 6 Ide Sofa Cokelat untuk Ruang Tamu, Bikin Ruangan Cantik dan Menarik

Sofa modern abad pertengahan

Ide desain sofa lainnya yang bisa dipilih yaitu sofa modern abad pertengahan. Sofa ini sangat populer di tahun 1930-an dan 1970-an, namun saat ini masih banyak rumah modern yang menggunakan desain sofa ini. 

Alasannya karena sofa modern abad pertengahan memiliki gaya transisi yang menganut garis desain minimalis yang bersih. 

Jika tinggal di apartemen, desain sofa ini bisa menjadi pilihan karena bisa menawarkan kenyamanan di ruang tamu kecil. 

Baca juga: 5 Tips Memilih Warna Sofa yang Tepat untuk Ruangan Kecil

Sofa tuksedo

Jenis sofa klasik lainnya yang masih banyak disukai yaitu sofa tuksedo. Sofa ini mudah dikenali karena bentuk lengannya tinggi sejajar dengan punggung sofa. 

Bentuk lengan ini sebenarnya membuat sofa terasa kurang nyaman. Maka dari itu, sebaiknya gunakan sofa tuksedo di ruang tamu formal atau ruang kantor yang banyak digunakan untuk duduk tegak. 

Sofa Lawson

Sofa Lawson merupakan desain sofa tuksedo yang lebih nyaman. Ciri khas sofa ini yaitu bantalan sandarannya terpisah dari struktur utamanya. 

Desainnya unik membuat sofa Lawson sangat nyaman. Sofa ini cocok ditempatkan di area umum dan bisa dipadukan dengan bantal berwarna kontras untuk menambah daya tarik visual. 

Baca juga: 7 Tren Warna Sofa 2024 yang Cantik dan Kekinian

Sofa bersekat

ilustrasi sofa bersekatShutterstock/alexandre zveiger ilustrasi sofa bersekat

Sofa bersekat merupakan desain sofa yang sederhana. Desain sofa bersekat merupakan kombinasi dari berbagai bagian sofa yang disatukan. 

Biasanya ada tiga atau lima bagian yang disatukan, sehingga membentuk sofa besar berbentuk L atau U. Sofa ini cocok untuk ruang tamu besar dan kini banyak ditemukan di rumah modern. 

Sofa modern kontemporer

Terakhir, ide desain sofa yang bisa membuat rumah lebih bergaya yaitu sofa modern kontemporer. Soda ini mengacu pada desain modern abad pertengahan. 

Struktur sofa ini sama dengan sofa modern abad pertengahan dengan beberapa bentuk lebih ramping. Sofa modern kontemporer cocok digunakan dalam warna cerah yang menambah kontras pada rumah modern. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com