Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sofa Kulit Vs Kain, Ini 3 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli

Kompas.com - 28/09/2023, 10:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli sofa baru menjadi sebuah investasi yang akan dimiliki di rumah selama bertahun-tahun mendatang. 

Maka itu, memilih sofa tidak boleh asal dilakukan. Namun, memilih sofa terbaik untuk rumah bisa menyulitkan lantaran banyaknya pilihan model yang tersedia di pasar, termasuk material sofa.  

Baca juga: Ingin Memilih Warna Sofa? Pertimbangkan 4 Hal Ini

Setidaknya, ada dua material sofa yang banyak dipilih, yakni sofa kulit dan sofa kain. Namun, sebetulnya, memilih sofa yang tepat mudah dilakukan selama Anda sudah menyiapkan semuanya, seperti anggaran, gaya hidup, kebutuhan, dan preferensi Anda. 

Katie Simpson, desainer interior di Mackenzie Collier Interiors, mengatakan ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan saat memutuskan antara sofa kulit dan kain, di antaranya biaya, kenyamanan, kemudahan pembersihan, serta daya tahan terhadap hewan peliharaan dan anak-anak.  

Nah, untuk membantu Anda, beberapa ahili desainer interior profesional membagikan sejumlah hal yang harus dipertimbangkan saat memilih sofa kulit dan kain dikutip dari Living Cozy, Kamis (28/9/2023). 

Baca juga: 5 Warna yang Cocok Dipadukan dengan Sofa Kulit Coklat

Biaya

Ilustrasi sofa kulit.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi sofa kulit.
Jil Sonia McDonald, desainer interior dan pemilik Jil Sonia Interior Design, mengatakan hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah biaya atau anggaran yang dimiliki.

"Rata-rata, sofa kulit yang dibuat dengan baik setidaknya tiga kali lebih mahal dari sofa kain," ucapnya.  

Sofa yang bagus tetaplah mahal meski Anda tidak membeli sofa kelas atas. Tentukan anggaran ideal dan maksimum Anda agar tetap realistis dengan kemampuan diri.

Perlu diingat, beberapa merek sofa memiliki opsi kustomisasi untuk kain pelapis yang dapat menambah atau mengurangi harga pada halaman produk.

Sofa yang paling mahal kemungkinan besar akan menampilkan kain pelapis kulit berkualitas tinggi dan memiliki harga yang bervariasi untuk berbagai jenis kulit.

Sofa yang dilapisi kain berkualitas tinggi biasanya jauh lebih murah daripada sofa kulit serta sering kali memiliki beberapa jenis, gaya, juga tingkatan harga. 

Baca juga: Sofa Kulit Vs Sofa Kain, Mana yang Lebih Baik?

Kenyamanan dan gaya

Selanjutnya, hal yang harus dipertimbangkan saat memilih sofa kulit dan kain adalah kenyamanan serta gaya. 

Margaret Carroll, desainer interior Margaret Carroll Interiors, mengatakan Anda harus memilih sofa berdasarkan estetika dan kesesuaiannya dengan ruangan. 

Sebagai contoh, sofa kain terkadang dianggap lebih nyaman daripada sofa kulit karena tidak terlalu panas atau dingin seperti kulit. 

Pertimbangkan gaya ruang keluarga dan bahan apa yang paling cocok untuk ruang tersebut. Paling penting, pikirkan apa yang menurut Anda paling nyaman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com